Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru (Survei terhadap Guru SMA Negeri di Jakarta Selatan)

Mukiyi Mukiyi(1*), J Sabas Setyohadi(2), Maria Immaculata Adhisti Prima Dewi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI SMAN 49 Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Supervisi Akademik dan motivasi kerja terhadap kinerja Guru. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi; 1) Pengaruh Supervisi Akademik 2) Pengaruh Motivasi Kerja 3) Pengaruh Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Penelitian dilakukan dengan metode Survei. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Jakarta Selatan dengan sampel sebanyak 50 orang guru. Teknik pengambilan sampelnya adalah Cluster sampling. Instrumen penelitian adalah SKALA kinerja guru LIKERS berupa 25 pertanyaan/pernyataan sebagai pilihan yang telah diuji homogenitas Sig. 0,128/0,05 dan Fh 1,596. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi Dua Arah (ANOVA). Hasil pengujian hipotesis diperoleh 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Supervisi Akademik terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh Sig. 0,007<0,005 dan Fh 2,280 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh Sig. 0,006<0,005 Fh 2,855 3) Terdapat interaksi yang signifikan antara Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Guru. Hal ini dibuktikan oleh Sig. 0, 05 Fh. 14, 863


Keywords


Academic Supervision, Work Motivation, Teacher's Performance

Full Text:

PDF

References


Afifudin. (2007). Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Studi tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Supervisi Akademik, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Barat. Bandung : Universitas Islam Negeri Bandung.

Ahmad Rifai dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Ali Imron. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. (2013). Supervisi Pendidikan, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Buchari Zainun. (2004). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Daryono S.S (2019). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Depdiknas. (2008). Metode dan Tekhnik Supervisi. Jakarta.

E. Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendra Harmain. (2005). Kaitan antara Motivasi dan Kinerja Guru.Yogyakarta:Analytica Islamica, vol. 7

Hariandja, Marihot, T.E. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Husdarta, J.S. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan No.3/xxvi/P.12-25.

Imron, Ali. (2012). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbudristek. (2021). Laporan Kinerja 2021

Madjid,Abd. (2016) Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru.

Malayu S.P. Hasibuan. (2001). Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta:Bumi Aksara.

Martini Jamaris. (2013). Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Galia Indonesia.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Panji Anoraga. (2010). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 13 Tahun. (2007). standar kepala sekolah.

Perni, Nih Nyoman. (2022). Motivasi Kerja Guru agama Hindu. Jakarta: Nilacakra.

Saifuddin Azwar. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT . Refika Aditama.

Sondang P. Siagian. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata Nana syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

UU No.14 Tahun (2005) tentang guru dan dosen

Winardi. (2011). Motivasi dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.17044

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mukiyi Mukiyi; J Sabas Setyohadi; Maria Immaculata Adhisti Prima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.