Sejarah Sekolah Kartini Dari Gagasan Hingga Pendidikan Kaum Perempuan Di Semarang (1912-1928)

Citra Nur Hikmah(1*), Heru Sriyono(2), Taufik Taufik(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI SMA 1 Barunawati
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui kondisi sosial-ekonomi dan pendidikan di Semarang pada masa Kolonial Belanda. 2)Untuk mengetahui sejarah lahirnya Sekolah Kartini di Semarang (1912). 3)Untuk mengetahui perkembangan dari Sekolah Kartini (1912-1928). 4)Untuk mengetahui dampak dari berdirinya Sekolah Kartini di Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis/sejarah dengan bertumpu pada empat kegiatan pokok yaitu heuristik,verifikasi, interpretasi, historiografi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahwa kondisi sosial-ekonomi dan pendidikan di Semarang pada masa kolonial cukup memprihatinkan karena adanya deskriminasi dimasyarakat. 2) Bahwa Sekolah Kartini adalah sekolah perempuan pribumi pertama yang lahir di Semarang yang cukup berperan untuk kemajuan perempuan Indonesia. 3) Perkembangan Sekolah Kartini berkembang cukup pesat dari masa kolonial hingga eksis hari ini yang turut mewarnai pendidikan di Indonesia. 4) Sejarah Sekolah Kartini berdampak pada lahirnya semangat kebangsaan dan kemerdekaan.


Keywords


Sejarah, Gagasan, Pendidikan, Semarang.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, D. (1999). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logis Wacana Ilmu.

Ali, R. M. (2003). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKIS.

Anonim. (1912). Statuten en Huishoudelijk Reglement Vereeniging Kartinifonds. Den Haag: Drukkerij Trio.

Blackburn, S. (2004). Women and the state in Modern Indonesia. Cambridge: Cambridge University Press.

Burger, D. (1957). Sejarah Ekonomi-Sosiologis Indonesia (terjemahan Prof. Prajudi Atmosudirdjo. Jakarta: J. B. Wolters,.

Eryudhawan, B. (2015). 100 Tahun Bangunan SD Kartini Semarang 1915-2015. Jakarta: Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

Galih, D. R. (2017). Penerapan Politik Etis di Surabaya Tahun 1911-1930. Avatara Jurnal Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unnesa, Surabaya, Volume 6,Nomor 3.

Gottschalk, L. (2006). Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: PT Pustaka Mandiri.

Hudaidah, K. d. (2020). Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Raden Ayu Untuk Perempuan. Jurnal Humanitas: Universitas Sriwijaya, 35-44.

Inayatullah, A. (2018). Kartini School: Pendidikan Kaum Pribumi Jawa di Semarang Tahun 1911-1920. AVATAR: Jurnal Pendidikan Sejarah, 43.

Kartini, R. (2017). Habis Gelap Terbitlah Terang. Yogyakarta: Narasi.

Kartinifonds, J.-V. U.-J. (1938). Jubileum-Verslag: Uitgegeven Ter Gelegenheid Van Het 25-Jarig Bestaan Der Vereeniging Kartinifonds. Den Haag: Van Imhoffstraat 30.

Kartodirdjo, S. (1982). Pemikiran Dan Perkembangan Historiografi Indonesia Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia.

__________ . (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Kuntowijoyo. (2008). Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

__________ . (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wancana.

Muna, I. N. (2017). Pendidikan Feminis R.A Kartini. Jakarta: NEM.

Pane, A. (2008). Habis Gelap Terbitlah Terang. Jakarta: Balai Pustaka.

Poesponegoro, M. D. (2010). Sejarah Nasional Indonesia IV: Kemunculan Penjajahan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

__________ . (2010). Sejarah Nasional Indonesia V: Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia (1900-1942). Jakarta: Balai Pustaka.

Ricklefs, M. (1998). Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Salam, S. (1979). R.a. Kartini Seratus Tahun (1879-1979). Jakarta: Gunung Muria.

Sudiyo. (2002). Pergerakan Nasional Mencapai & Mempertahankan Kemerdekaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, S. (2014). Emansipasi: Surat-Surat Kepada Bangsanya 1899-1904. Yogyakarta: Jalasutra.

Utomo, C. (1995). Dinamika Pergerakan Kebangsaan Indonesia: Dari Kebangkita Hingga Kemerdekaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Vickers. (2005). A History of Modern Indonesia. Cambridge: Cambridge University Press.

Vreede-de, C. (2008). Sejarah Perempuan Indonesia Gerakan dan Pencapaian. Jakarta: Komunitas Bambu.

Wiyono, H. K. (1984). Sejarah Sosial Kota Semarang 1900-1950. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.17025

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Citra Nur Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.