Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Pelajaran IPS SMP Kurikulum 2013
(1) Universitas Indraprasta PGRI Daarul Qur'an International Primary School Tangerang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter, Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan buku teks pelajaran IPS dan Mengetahui strategi penanaman penguatan pendidikan karakter pada buku teks pelajaran IPS Kurikulum 2013 pada SMP swasta di Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pada Buku Teks A tersebar 18 nilai karakter diantaranya yaitu; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Sedangkan pada Buku Teks B hanya ditemukan 16 karakter, terdapat dua karakter yang tidak tercakup yaitu karakter jujur dan menghargai prestasi. Persamaan dari Buku Teks A dan Buku Teks B memiliki kesamaan materi pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan Permendikbud nomor 24 tahun 2016. Strategi penguatan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada SMP swasta di Kota Tangerang seperti di SMP Daarul Qur’an Internasional, dengan menggunakan tiga strategi diantaranya yaitu dengan cara pemberian atau pemahaman ilmu, pembiasaan, dan teladan yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo.
Effendy, Muhadjir, dkk, 2012. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Jakarta: Prenanda Media Group.
Hariyanto dan Muchlas Samani, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya.
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo.
Moleong, L. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-ruzz Media Pendidikan.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.11 Tahun 2005 tentang Buku Teks
Pelajaran.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional.
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 6 September 2017.
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi.
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi, Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.16980
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ilham Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |