Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Riska Rahmalia(1*), Heru Sriyono(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) Implementasi pendidikan karakter melalui metode blended learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap karakter siswa di SMAN 11 Tangerang Selatan. 2) Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket atau kuisioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknis analisis data sederhana, menggunakan presentase, dengan responden sebanyak 169 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pendidikan karakter melalui metode blended learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 11 Tangerang Selatan termasuk dalam kategori baik. 2) Implementasi Pendidikan karakter di kelas pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga termasuk kategori baik, dan berjalan dengan lancar.


Keywords


Implementasi, Pendidikan Karakter, Blended learning, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Adisusila, Sutarjo. 2011. Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta : Raja Grafindo.

Aziz, Hamka Abdul. 2012. Karakter Guru Profesional, Jakarta : Al-Mawardi

Drever, Prima. 2010. Kamus Psikologi, Jakarta : Bina Aksara.

Effendy, Muhadjir, dkk. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Jakarta : Prenanda Media Group.

Kusnanto. Metode Penelitian Kualitatif Riset Kesehatan, IKM, Pascasarjana UGM Yogyakarta.

Hariyanto dan Muchlas Samani, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : Rosdakarya.

Hendriyansyah. 2012. Metode Guru Mengajar, Jakarta.

Kartono, dan Kartini. 1984. Psikologi Umum : Yogyakarta.

Marliyah, 2008. Psikologi : Suatu Pengantar, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, Stephens P. 2007. Judge, Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat.

Sadulloh, Uyoh. 2012. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Jakarta : Erlangga Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan, Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Walgito. 1989. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta.

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi, Jakarta : Prenada Media Group.

Tim Penyusun Undang-Undang, 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan

Tim Penyusun Undang-Undang, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Pasal 3.

Tim Penyusun Peraturan Pemerintah, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

Jatmiko, Galih. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun 2012/2013, skripsi. http://eprints.uny.ac.id>GalihJatmiko-065042

Maunah, Binti. Jurnal Pendidikan Karakter, Implementasi Pendidikan Karakter dengan pembentukan Kepribadian Holistik Siswa, http://journal.uny.ac.id.

PPM School of Management, Blended Learning : Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya : https://ppmschool.ac.id/blended-learning-adalah/

Sekolah Murid Merdeka, Mengenal Metode Blended Learning, https://sekolahmuridmerdeka.id/blog/index.php/metode-blended-learning/

Kumparan News, Pelajar Pukul Guru Perempuan Sampai Benjol Karena Tidak Naik Kelas, https://kumparan.com/kumparannews/pelajar-ini-pukul-guru-perempuan-sampai-benjol-karena-tidak-naik-kelas

Kumparan News, 5 Fakta Soal Kasus Murid di Sampang Aniaya Guru Hingga Tewas, https://kumparannews/5-fakta-soal-kasus-murid-di-sampang-yang-aniaya-guru-hingga-tewas/full




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16898

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riska - Rahmalia, Heru Sriyono, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.