Pengaruh Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru

Edi Purwanta(1*), Mamik Suendarti(2), Soeparlan Kasyadi(3)

(1) 1. Universitas Indraprasta PGRI 2. SMP Martia Bhakti
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi adalah Guru SMP Swasta di Kota Bekasi berjumlah 51 guru dengan besar Sampel diambil sebanyak 34 guru dengan teknik simple random sampling dan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan uji signifikansi koefisien korelasi melalui uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan Fhitung 81,655. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan thitung (9,148). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan dengan nilai sig 0,043<0,05 dan thitung (3,859).


Keywords


Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ali. (2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel. Kediri: IAIT Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi & Arifin M. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.

Danim, Sudarman. (2014). Motivasi Kepemimpinan Dan Efektivitas Kelompok. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Ghozali, Imam. (2005). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunawan, dkk. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter. (K-13). Jakarta: Sefa Budi Persada

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala sekolah. Bandung: Alfabeta

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Badan PSDMP dan PMP

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kumiawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mundir. (2012). Statistika Pendidikan Pengantar Analisis Data Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jember: STAIN Jember Press.

Munir, Abdullah. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Rakhmat, Jalaludin. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2015). Dasar – dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Robbins, Stephen P. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Selemba Empat

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Samsu. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pusaka).

Santoso, Singgih. (2012). Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametri. Jakarta: Gramedia

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Singarimbun Masri dan Sofian Effendi. (2007). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES

Siswanto, Victorianus Aries. (2015). Belajar Sendiri SPSS 22. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryoto. (2020). Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir, dan Tesis. Jakarta: Unindra Press

Susanto, Ahmad. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencara

Sutomo,dkk. (2011). Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES PRESS.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Winardi. (2011). Motivasi Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Grafindo Persada

Undang – Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah RI No. 4 tahun 2022 Perubahan atas Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2018, tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16879

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edi Purwanta, Mamik Suendarti, Soeparlan Kasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.