Pengaruh Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru
(1) 1. Universitas Indraprasta PGRI 2. SMP Martia Bhakti
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi adalah Guru SMP Swasta di Kota Bekasi berjumlah 51 guru dengan besar Sampel diambil sebanyak 34 guru dengan teknik simple random sampling dan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan uji signifikansi koefisien korelasi melalui uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan Fhitung 81,655. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000<0,05 dan thitung (9,148). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan dengan nilai sig 0,043<0,05 dan thitung (3,859).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Ali. (2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel. Kediri: IAIT Press.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnawi & Arifin M. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Danim, Sudarman. (2014). Motivasi Kepemimpinan Dan Efektivitas Kelompok. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Ghozali, Imam. (2005). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Akuntansi, Bisnis, dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, dkk. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter. (K-13). Jakarta: Sefa Budi Persada
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. (2013). Kinerja Dan Profesionalisme Kepala sekolah. Bandung: Alfabeta
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Badan PSDMP dan PMP
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kumiawan, Asep. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H.E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mundir. (2012). Statistika Pendidikan Pengantar Analisis Data Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jember: STAIN Jember Press.
Munir, Abdullah. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Rakhmat, Jalaludin. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riduwan. (2015). Dasar – dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Robbins, Stephen P. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Selemba Empat
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Samsu. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pusaka).
Santoso, Singgih. (2012). Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametri. Jakarta: Gramedia
Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Singarimbun Masri dan Sofian Effendi. (2007). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES
Siswanto, Victorianus Aries. (2015). Belajar Sendiri SPSS 22. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaryoto. (2020). Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir, dan Tesis. Jakarta: Unindra Press
Susanto, Ahmad. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencara
Sutomo,dkk. (2011). Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES PRESS.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Winardi. (2011). Motivasi Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Grafindo Persada
Undang – Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Peraturan Pemerintah RI No. 4 tahun 2022 Perubahan atas Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2018, tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16879
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Edi Purwanta, Mamik Suendarti, Soeparlan Kasyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |