Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Terhadap Prestasi Belajar IPS Di Tangerang

Eka Yunita(1*), Heru Sriyono(2), Rahayu Permana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menguji kebeneran hipotesis mengenai pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Tangerang dengan besar sampel sebanyak 52 siswa dan 52 orang tua siswa. Instrumen penelitan ini untuk variabel perhatian orang tua dan minat belajar adalah kuesioner, sedangkan instrument variabel prestasi belajar adalah melihat nilai raport. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < dari 0,05 dan Fhitung adalah 15,272. Secara bersama-sama perhatian orang tua dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 38,4% terhadap variabel prestasi belajar IPS; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig, 0,037 < dari 0,05 dan thitung adalah 2,141; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri di Kabaputen Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,034 < dari 0,05 dan thitung adalah 2,187.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. (1992). Teknik Belajar Yang Tepat. Semarang: Mutiara Permata Wijaya.

Aris Kurniawan. (2022). Pengertian Prestasi – Macam, Arti, Sikap, Faktor, Pemberian, Metode, Para Ahli. 5 Nov 2022. http://Pengertian Prestasi - Macam, Sikap, Faktor, Metode, Para Ahli (gurupendidikan.co.id).

Arkunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin. (2007). Psikologi Pendidikani. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Balai Pustaka. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi 3). Jakarta: Departemen Nasional.

Bimo Walgito. (1989). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, tentang pendidikan nasional.

Djamarah, Syaiful Bahr, dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati Mahmud, M. (1989). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: DEPDIKBUD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Dimyati dan Mudjiono. (2009), Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mashudi, Farid. (2015). Pedoman Lengkap Evaluasi & Supervisi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Aina. (2022). Pengertian Prestasi Belajar Siswa dan Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. 19 Nov 2022. https://ainamulyana.blogspot.com/2016/01/prestasi-belajar-siswa-pengertian-dan.html.

Nurmala. (2019). Pengaruh Minta Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Ejaan Bahasa Indonesia.(Tesis). Fakultas Pascasarjana. Universitas Indraprasta PGRI.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Max Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi (2006). Hasil Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Gramedia.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.

Surya, Mohamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Syafnidawaty. (2020). Apa Itu Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. 26 Nov 2022. http://APA ITU POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN (raharja.ac.id)

Wirawan. (2002). Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.16818

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eka Yunita, Heru Sriyono, Rahayu Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.