Analisis Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada SMA Negeri di Kota Tangerang

Farida Susanti(1*), Mamik Suendarti(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI SMAN 8 Kota Tangerang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui. 1) Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. 2). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. 3). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 88 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 36.517. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,601. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,006 < 0,05 dan thitung = 2,801.


Keywords


motivasi belajar; kemandirian belajar; prestasi belajar ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Abin, S.M. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Agung, I (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Alwi, H. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 10

Baharuddin, & Esa, N.W. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bahri,S., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Fleming, M. (2005). Adolescent Autonomy: Desire, Achievement and Disobeying Parents between Early and Late Adolescence. Australian Journal of Education and Developmental Psychology.Vol.5. 116

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hamzah B.U. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis Di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Monks, F.J., dkk. (2003). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: GadjahMada University Press

Nana, S.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2003). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4. Bandung: Alfabeta.

Saodih, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2002). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

__________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sulistiana. (2011). Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Pondok Pesantren terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Mu’alimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta : UNY

Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro (Vol.3 No.1, 2015). Hlm. 74-76

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trinora. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi. (http://ejournal.undiksha.ac.id) Diakses pada tanggal 28 Desember 2020 pukul 21:55 WIB

Trinora. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi. (http://ejournal.undiksha.ac.id) Diakses pada tanggal 28 Desember 2020

Yusuf, S. 2000. Psikologi Perkembangan Anak




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.16785

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farida Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.