Intensitas Komunikasi Dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 siswa dan metode yang digunakan dalam penelitian metode survey dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,206. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,781. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,947.
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. (2011), Pengaruh Motivasi Belajar Dan Tingkat Inteligensi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Sma Di Wilayah Kota Depok Jawa Barat, Unidra PGRI Jakarta
Aryati, F. S. (2015) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi BElajar Pada Siswa Kelas VII Di SMP N 1 Sambong Kabupaten Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Cleopatra, M. (2015). “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajara Matematika,” Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5, no. 2
Diningrat, S. W. M. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar Di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24.
Djamarah & Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
Hidayati, N. (2014). Hubungan Antara Tingkat Kebutuhan Afiliasi Dengan Intensitas Penggunaan Blackberry Messenger (Bbm) Pada Remaja Di Madrasah Aliyah Masyhudiyah. UMG
Makasau, R. (2020). Pedagogi Ki Hajar Dewantara Untuk Pengembangan Kurikulum Pendidikan Nasional, Jurnal JUMPA Vol. VIII, No. 1
Parida, I. (2011). Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Madrasah Tsanawiyah Di Kota Bogor, Unindra PGRI, Jakarta
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (2019). Pendidikan di Indonesia : Belajar Dari Hasil PISA 2018. Diunduh secara onlene dari : http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf
Rahmaniah, Aniek. (2012). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuaan Sosial Pada Pendidikan Dasar, Jurnal Madrasah, Vol. 5 No. 1
Rinjani, H. & Ari, F. (2013). Kebutuhan Afiliasi dengan Intensitas Mengakses Facebook pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2013 (01): 75-84
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi Dan Keberhasilan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol.1 No.1
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyah. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi (Studi Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tunas Nusantara), Unindra PGRI Jakarta
Suharli, (2019). Persepsi Guru Dan Respon Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Ips Di Kabupaten Sumbawa. Edunomic, Jurnal Ilmiah Penddikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol.7 No.1
Syafi’I, Ahmad, dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2
Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16237
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sholahuddin Al Ayubi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |