Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Asep Aang Mulyono(1*)

(1) SMP Negeri 1 Cijati Cianjur Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Sampel yang digunakan 85 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,928, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,508, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan  thitung = 4,135


Keywords


Prestasi Belajar IPS,Persepsi Atas Model Pembelajaran, Konsep Diri

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Asrori (2019) Psikologi remaja (perkembangan peserta didik). Jakarta: Aksara

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2013). Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Atkinson, R. L. (2018). Pengantar Psikologi Jilid 1. Tanggerang : Interaksara

Aunurrahman. (2019). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Baharuddin. (2017). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Darmadi (2015) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta

Fajar, A. (2017). Kendala dan potensi pembelajaran IPS Terpadu. Bandung: UPI

Fathurrohman, P. (2017). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iriyanto. (2012). Learning Metamorphosis; Hebat Gurunya – Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga

Khosim, N. (2017) Model-model pembelajaran. Surabaya: Suryamedia,

Mikarsa, L. (2007). Pendidikan anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Mar’at, S. (2019). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munib. (2016). Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press

Nasution, S. (2015), Strategi belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, M. (2015). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Munandar, U. (2018). Kretifitas dan keberbakatan, strategi mewujudkan

potensi kreatif dan bakat: Jakarta: Gramedia

Munadi, Y (2018) Media pembelajaran. Jakarta : Gaung Parsada ( GP ) Press

Muslich, M (2017) KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta :Bumi Aksar

Prawiradilaga, D.S. (2019). Prinsip disain pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Poerwadarminta. (2001). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai. Pustaka.

Priansa, J.(2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung : CVPustaka Setia.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Bandung : Alfabeta

Rusman (2011) Model-model pembelajaran. Jakarta : Grafindo Persad

Sagala, S. (2015). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Setiawan, W. (2019). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan. Menyenangkan. Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik

Slameto, (2018), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sardiman, (2008). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada.

Sobry. (2014). Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sudjana, N & Rivai, A, (2016), Media pembelajaran, Bandung : Sinar Baru

Sudjana. (2014). Pengantar evaluasi pendidikan. Bandung : Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015), Metode penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sumantri, N.M. (2011), Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. aSRemaja Rosda Karya

Sutratinah, T. (2001). Penelitian hasil belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasio

Soemanto, W. (2017). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugihartono. (2017) Psikologi pendidikan, Yogyakarta : UNY Press

Suryabrata, S, (2016). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persa

Trianto, (2015) Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Tulus, T. (2014). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Rineka Cipta

Uno, H.B. (2017). Model pembelajaran menciptakan proses belajar. mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Walgito, B. (2016). Pengantar psikologi umum. Ed. 3. Yogyakarta: Adi;




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.15280

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asep Aang Mulyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.