Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) SMP Negeri 1 Cijati Cianjur Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Sampel yang digunakan 85 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,928, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,508, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,135
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M & Asrori (2019) Psikologi remaja (perkembangan peserta didik). Jakarta: Aksara
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2013). Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Atkinson, R. L. (2018). Pengantar Psikologi Jilid 1. Tanggerang : Interaksara
Aunurrahman. (2019). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Baharuddin. (2017). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Darmadi (2015) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta
Fajar, A. (2017). Kendala dan potensi pembelajaran IPS Terpadu. Bandung: UPI
Fathurrohman, P. (2017). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iriyanto. (2012). Learning Metamorphosis; Hebat Gurunya – Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga
Khosim, N. (2017) Model-model pembelajaran. Surabaya: Suryamedia,
Mikarsa, L. (2007). Pendidikan anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Mar’at, S. (2019). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munib. (2016). Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Nasution, S. (2015), Strategi belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Nazir, M. (2015). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Munandar, U. (2018). Kretifitas dan keberbakatan, strategi mewujudkan
potensi kreatif dan bakat: Jakarta: Gramedia
Munadi, Y (2018) Media pembelajaran. Jakarta : Gaung Parsada ( GP ) Press
Muslich, M (2017) KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta :Bumi Aksar
Prawiradilaga, D.S. (2019). Prinsip disain pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Poerwadarminta. (2001). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai. Pustaka.
Priansa, J.(2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung : CVPustaka Setia.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Bandung : Alfabeta
Rusman (2011) Model-model pembelajaran. Jakarta : Grafindo Persad
Sagala, S. (2015). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Setiawan, W. (2019). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan. Menyenangkan. Jakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik
Slameto, (2018), Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sardiman, (2008). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Sobry. (2014). Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sudjana, N & Rivai, A, (2016), Media pembelajaran, Bandung : Sinar Baru
Sudjana. (2014). Pengantar evaluasi pendidikan. Bandung : Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015), Metode penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sumantri, N.M. (2011), Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. aSRemaja Rosda Karya
Sutratinah, T. (2001). Penelitian hasil belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasio
Soemanto, W. (2017). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugihartono. (2017) Psikologi pendidikan, Yogyakarta : UNY Press
Suryabrata, S, (2016). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persa
Trianto, (2015) Model pembelajaran terpadu konsep, strategi dan implementasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tulus, T. (2014). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Rineka Cipta
Uno, H.B. (2017). Model pembelajaran menciptakan proses belajar. mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Walgito, B. (2016). Pengantar psikologi umum. Ed. 3. Yogyakarta: Adi;
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.15280
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Asep Aang Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |