Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa SMK Swasta di Jakarta Timur

Inna Nur Inayah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Widodo Widodo(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMK swasta di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi. Data variabel kecerdasan sosial dan efikasi diri diperoleh melalui kuesioner, sedangkan  data prestasi belajar diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 69,479; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial terhadap terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,497; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap terhadap prestasi belajar siswa, dengan indikasi nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 5,500. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial dan efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan swasta di Jakarta Timur.


Keywords


Kecerdasan sosial, efikasi diri, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, Abridge Edition. (2001). Editors: Lorin W. Anderson, David R. Krathwohl, Peter W. Airasian, Kathleen A. Cruikshank, Richard E. Mayer, Paul R. Pintrich, James Raths, and Merlin C. Wittrock. New York: Longman.

Baron, R. A. (1996). Essentials of Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Baron, R.A., & Greenberg, J. (2008). Behavior in Organizations. New Jersey: Pearson.

Bloom, B. S. (2000). Taxonomi of Education Objective. London: Congman.

Branden, N. (2001). The Psychology of Self-Esteem: A Revolutionary Approach to Self-Understanding that Launched a New Era in Modern Psychology. San Fransisco: Josse-Bass.

Carlson, N. R.. & Buskist, W. (1999). Psychology: The Science of Behavior. Boston: Allyn and Bacon.

George, J.M., & Jones, G.R. (2008). Understanding and Managing Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Prentice-Hall.

Halonen, J. S., & Santrock, J.W. (1999). Psychology Contexts and Applications. Boston: McGraw-Hill College.

Hamalik, O. (2000). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hannagan, T. (1998). Management. Concepts & Practice. London: Pitman.

Hoy, W. K.. & Miskel, C .G. (2008). Educational Administration: Theory, Research and Practice. New York: McGraw-Hill Company.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Buku guru. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komara, E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Cetakan kedua. Bandung: PT Refika Aditama.

Lisaholit, S., Loilatu, S.H., & Umanailo, M.C.B. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri Se Kecamatan Namlea. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 48-55.

Looney, C. A., Valaich, J. A., & Akbulut, A. Y. (2004). Online Investment Self-Efficacy: Development and Initial Test of an Instrument to Asses Perceived Online Investing Abilities, Proceedings of the 37th Hawaii International Conference on System Sciences, 2004.

Lussier, R N. (1996). Human Relations in Organizations: A Skill Building Approach. Chicago: lrwin.

Manullang, R. A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2, Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 19-22.

McShane, S. L., & Von Glinow, M.A. (2008). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Newstrom, J. W. (2007). Organizational Behavior: Human Behavior at Work. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Northouse, P. G. (2003). Leadership: Theory and Practice. New Delhi: Response Books.

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn), Jakarta : Bumi Aksara, 2017.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Sari, A. I. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Schultz, D., & Schultz, S.E. (2006). Psychology & Work Today. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Cetakan kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Pendidikan, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: Rajawali Pers.

Winkel, W. S. (2000). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Grassindo.

Wright, P. M., & Noe, R.A. (1996). Management of Organizations. Chicago: Irwin.

Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations. New Jersey: Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.15013

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inna Nur Inayah, Sumaryoto Sumaryoto, Widodo Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.