Pengaruh Motivasi Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Rosida Aprillia(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) 1. Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI 2. SMKN 4 Depok
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok. 2) Pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok. 3) Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 21,082. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,905. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Depok.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,006 < 0,05 dan thitung = 2,814.


Keywords


Motivasi, konsep diri, prestasi belajar sejarah.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2005). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Liberty

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2000). Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Jogja Offset.

Burns, R.B. (1993). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan.

Dahar. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Dalyono, M. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Dimyati & Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne,R.M. (1985). The Condition of Learning Theory of Instruction. New York: Rinchart.

Gunarso, A. (2003). Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, S. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA untuk Kelaas XII. Jakarta: Grasindo.

Hasbullah (2019). Tuntunan praktis pengolahan data penelitian dengan bantuan program SPSS. Kota Tangerang:PT Pustaka Mandiri.

Hurlock, E.B. (2001). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. (2001) . Ilmu Komunikasi Sebagai Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2002). Didaktik Asas Asas Mengajar. Bandung: Jemmars.

Purwanto, M.N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ratumanan (2002). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

_____________. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Singgih, G. (2008). Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Solomon, M.R. (2004). Consumer Behavior: Buying, Having and Being. USA: Prentice Hall.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suendarti, M. (2021). Buku Saku Penyusunan Power Point Dan Daftar Pustaka Tesis. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Supandi. (2011). Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Supranto, J. (2000). Teknik Samplin untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tabrani, R (2001). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Tim Penyusun. (2018). Buku Panduan Penulisan Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung PersadaPress.dan Center for Learning Innovation (CLI).

Jurnal :

Leonard dan Supardi, U. S. 2010. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika, dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah. Universitas Indraprasta PGRI




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.14938

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rosida Aprillia, Sumaryoto Sumaryoto, Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.