Resiliensi Perkembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Daring (Studi Pada SMK Swasta Di Jakarta Utara)

Samuel Vincent Lumbantobing(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Resiliensi perkembangan karakter siswa pada pembelajaran daring siswa SMK Swasta di Jakarta Utara. 2) Pengaruh proses belajar dan mengajar daring SMK Swasta di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode normalitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan hasil uji Normalitas K-S/ Kolmogorov Smirnov diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada variabel kelas X diperoleh hasil uji normalitas sebesar 0.20 > 0,05 , kelas XI sebesar 0.19 > 0.05, dan kelas XII sebesar 0.20 > 0.05. di SMK Swasta di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan Normalitas Shapiro-Wilk dan K-S/Kolmogorov Smirnov untuk ketiga angkatan (kelas X, XI dan XII), menghasilkan: kelas X sebesar 0.912, kelas XI sebesar 0.139 dan kelas XII sebesar 0.24. Hasil ini menunjukkan resiliensi dari murid tergolong tinggi.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahim. Y.A. (2020). Resiliensi Penduduk Menghadapi Perubahan Lingkungan yang Berdampak pada Bencana. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Aeni. N (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial. Jurnal Litbang : Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK.

Afifah, N. (2020). Pribadi Resiliensi di Tengah Pandemi Covid-19. In Coronalogy: Varian

Analisis & Konstruksi Opini. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Alfiani, D. A. (2015). Kajian Teoritis terhadap Perkembangan Psikis Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan Anak.

Amir, M. Taufiq. 2021 Resiliensi: Bagaimana bangkit dari kesulitan & tumbuh dalam tantangan. Jakarta: Kompas.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banyard, V. L. & Cantor, E. N. (2004). Adjustment to college among trauma survivors: an exploratory study of resilience. The Journal of College Student Development, 45 (2): 207-221.

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Dunn, D. S., Uswatte, G., & Elliott, T. R. (2009). Happiness, resilience, and positive growth following physical disability: Issues for understanding, research, and therapeutic intervention. In S. J. Lopez & C. R. Snyder (Eds.), Oxford library of psychology. Oxford Handbook of Positive Psychology (pp. 651-664). New York, NY, US: Oxford University Press.

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.

Engko1, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online (Studi Eksploratif Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura).

Firmansyah. & Kardina. (2021) Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi COVID-19 Terhadap Pengelolaan Sekolah dan Peserta Didik. ejournal-litbang.patikab.go.id Vol. 17 No. 1 Juni 2021 Hal 17-34.

Grotberg, E. (1995) A guide to promoting resilience in children: strengthening the human spirit. The Hague (Den Haag): Benard Van Leer Foundation.

Krismawati, Y. (2018) Teori psikologi perkembangan Erik H. Erikson dan manfaatnya bagi tugas pendidikan Kristen dewasa ini. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.

Muslim, M. (2020). PHK pada masa pandemi COVID-19. Institut Bisnis Nusantara.

Nafrin, I. A, & Hudaidah H. (2021) Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid- 19. ejournal Universitas Sriwijaya.

Oshel. (2016). Hubungan antara pola asuh autoritatif dengan resiliensi pada remaja di Denpasar. (Skripsi, Universitas Udayana, Bali).

Rachmat, A., Krisnadi, I. (2020). Analisis efektifitas pembelajaran daring (online) untuk siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada saat pandemi COVID-19. Academia.

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 5, Number 1. 91-99.

Rohmah, U. (2012) Resiliensi dan sabar sebagai respon pertahanan psikologis dalam menghadapi post-traumatic. (Ejournal, STAIN Ponorogo, Ponorogo).

Saleh. M, (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNG.

Samanhudi, Tjakrawiralaksana, Pudjiati (2013). Pengaruh mindset terhadap resiliensi keluarga pada mahasiswa dengan latar belakang keluarga miskin. (Ejournal, Universitas Indonesia, Depok). p.2-4.

Sari, Y. I., (2020). Sisi Terang Pandemi COVID-19 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia

Sarwono, S.W. (2009). Pengantar psikologi umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D (editor). (2018). Melenting menjadi Resilien. Jakarta: Penerbit Andi.

Taufik, A. (2021). Resiliensi: Bagaimana Bangkit dari Kesulitan dan Tumbuh dalam Tantangan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Tuwu. D (2020). Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Ilmu Administrasi Publik FISIP-UHO.

Uilmaknun. (2016). Teknik sampling. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widuri, L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Humanitas, 9 (2): 147-156




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.14657

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Samuel Vincent Lumbantobing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.