Visi Pendidikan Dan Modernisasi Pondok Pesantren Attaqwa Menurut K. H. Noer Ali Di Kabupaten Bekasi

Purwanto Purwanto(1), Mamik Suendarti(2), Taufik Taufik(3*)

(1) 1. Pascasarjana Indraprasta PGRI 2. Guru
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah  Sejarah, Tokoh, Visi dan modernisasi pendidikan pondok Pesantren Attaqwa bagi masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode sejarah, dengan tahap: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, Historiografi. Hasil Penelitian: (1) Adapun visi pendidikan di PPA bertujuan untuk membentuk insan yang mampu menegakkan ajaran Islam dalam aspek kehidupannya, insan yang berdzikir dan berpikir yang mampu menerima dan memberi nasihat, tidak otoriter dan tidak pula rendah diri. moderenisasi dalam materi yang diterapkan di Yayasan Pondok Pesantren At-Taqwa adalah gabungan materi pembelajaran tradisional dan modern. Sehingga menjadi keunikan tersendiri dari sistem pembelajaran di Pondok Pesantren At-Taqwa. Hal tersebut dilihat dengan adanya penggabungan beberapa elemen kurikulum yakni Kurikulum Departemen Agama, kurikulum pesantren, maupun kurikulum yang diterapkan Lembaga Pendidikan Al-Azhar Cairo. Pesantren At-Taqwa telah menerapkan sistem manajemen kurikulum dengan memiliki beberapa indikator yakni indicator ketercapaian dan tujuan dari kurikulum yang diterapkan Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi. (2) Modernisasi pemikiran dan kelembagaan Islam merupakan syarat bagi kebangkitan kaum Muslim di masa modern, pendidikan Islam baik itu secara kelembagaan maupun pemikiran haruslah dimodernisasi. Mempertahankan kelembagaan Islam yang tradisional akan memperpanjang ketidakberdayaan kaum Muslim dalam berhadapan dengan kemajuan dunia modern


Keywords


Vision of Education; Modernization; Attaqwa Islamic Boarding School.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, D. (2007). Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Arruz Media.

Alba, C. (2014). Tassawuf dan Tarekat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali, M. (2008). Metode memahami Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Amarali. (2016) Eksistensi Tradisi Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Perubahan Sosial (Studi Kasus Pesantren Darun Nahdah, Daruel Himah, dan Babussalam). Retrieved from http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/3467

Amin, N. (2017). Sepenggal kisah di Pesantren. Jakarta: Obor. Amrozi, Y. (2014). Media Dakwah dan Teknologi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Anwar, A. (1989) KH. Noer Alie Singa Karawang Bekasi.Bekasi: Herya Media.

Anwar, A. (2017). Pembaruan pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin. (1991). Kapita Selekta Islam (Modernisasi Pesantren Menurut Nurcholis Madjid). Jakarta: Bumi Aksara.

Asrorah, H. (1999). Sejarah pendidikan Islam. Jakarta: Kalimah. Asyrofi, S. (2015). Penulisan Buku Teks Bahasa Arab. Yogyakarta: Ombak.

Azra, A. (1990). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos.

Baedhowi, (2016). KTSP 2006 Kebijakan dan Harapan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Kemdikbud, 13(65). Retrieved from https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/citationstylelanguage/get/acm-sig-proceedings?submissionId=323

Baidlawi, H.M. (2006). Modernisasi Pendidikan Islam: Telaah Kurikulum Pesantren Mahasiswa. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Daffa. (2019). Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: KPG Gramedia.

Derani, S. (2018). Ulama Betawi Perspektif Sejarah. Buletin Al-Turas, 19(2): 217–240.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. Jakarta: LP3ES.

Djamas, N. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.

Engkoswara & Komariah, A. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fathan. (2018). Pemikiran pendidikan KH. Noer Ali. Bekasi: Yayasan Mitra Insani.

Fatwa, A.M. (2016). KH. Noer Ali: Ulama pejuang dari Tanah Betawi. Jakarta: Fatwa Centre.

Fifin, P. (2015). Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Menurut Pemikiran KH. Noer Alie Dan Penerapannya Di Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi Jawa

Geertz, C. (1982). Islam Yang Saya Amati di Moroko dan Indonesia. Jakarta: Yayasan Ilmu-ilmu sosial.

Gielbariy, D. (2016). KH. Noer Alie seorang da’i dan pendidik. Cimahi: Haarfey.

Gottschalk, L. (1975). Mengerti Sejarah, terjemahan Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hadari, N. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: UGM Press.

Haedari, A. (2004). Masa Depan Pesantren Dalam Tantantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IDR PRESS.

Hajar. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren At-Taqwa. Jurnal At- Tarbiyah UNITRI, 5(1).

Hambali, S. (2011). Almanak sepanjang masa: sejarah sistem penanggalan Jawa dan Hijriah di pesantren. Semarang: UIN Walisongo.

Hasbullah. (1995). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, L. (2010). Kurikulum dan pemikiran pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Imadudin, I. (2018). Revolusi dalam Revolusi: Tentara, Laskar, dan Jawara di Wilayah Karawang 1945-1947. Jurnal Patanjala, 10(1). Retrieved from http://ejurnalpatanjala.kemdikbud,go.id/patanjala/index.php/patanjala/article/view/330

Ismail, F. (1998). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.

Ismaun, Winarti, M., Darmawan. W. (2016). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.

Jahroni, J. (2016). Islamisasi Pantai Utara Jawa: Menelusuri Penyiaran Islam Di Tanah Betawi. Jurnal Lektur Keagamaan, 14 (2): 369. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/325152427_Islamisasi_Pantai_Utara_Jawa_Menelusuri_Penyiaran_Islam_di_Tanah_Betawi

Khadafi, A. (2018). Dari Bilik Pesanren. Yogyakarta: EA Books.

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Madjid, N. (1997). Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. Jakarta: INIS.

Mokhtar. (2007). Manajemen Pendidikan Pesantren An-Nur Bekasi. Jakarta: Yayasan Penerbitan Pesantren An-Nur.

Munawaroh, D. (1999). Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah.

Munawir. (2018). Telaah sistem pendidikan di Pesantren Tradisional dan Modern. Bangil Pasuruan: YAPI Press. Muthohar, AR., 2007. Ideologi Pendidikan Pesantren. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Muriah, S. (2002). Metode Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Nasution, H. (1975). Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta. Penerbit Bulan Bintang.

Pidharta, M. (1988). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Priyadi, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Qomar, M. (2005). Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga.

Rahardjo, D. (1988) Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.

Ranjabar, J. (2008). Perubahan sosial dalam teori makro: Pendekatan realitas sosial. Bandung: Alfabeta.

Samudra Eka Cipta, 2020 Modernisasi Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi: Perkembangan Kurikulum Dari Tradisional Menuju Modern (1980-2010) Universitas Pendidikan Indonesia ? Barat Jurnal Pendidikan Agama Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.14510

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 purwanto - purwanto, Mamik Suendarti Suendarti, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.