Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada siswa SMP Swasta di Jakarta Timur)

Helena Elfrida Tambunan(1*)

(1) UNINDRA SMPN.146JAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Kebiasaan belajar dan Status sosial ekonomi orang tua  terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada SMP Swasta di Jakarta Timur). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Swasta di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Swasta Jakarta Timur.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000<0,05 dan Fhitung= 11,270. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,019<0,05 dan thitung=  2,415. Terdapat pengaruh yang signifikan status social ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,037< 0,05 dan thitung= 2,134.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri

Ahmadi, A. (2009). Psikologi umum. Jakarta: PT RinekaCipta.

Anang, S.R (2011).Kedudukan keluarga sangat startegis dalam mendidik anak anaknya., Bandung CV:PustakaSetia

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Dalyono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Hamalik, (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Kartono, K. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

_________ (2006). Perilaku manusia, Jakarta: ISBN

Muhiddin., & Abdurrahman. (2007). Analisis, korelasi, regresi dan Jalur penelitian. Bandung CV: Pustaka Setia.

Numan, S. (2001) Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riana. (2011).. Kedudukan keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak- anaknya. Bandung CV. Pustaka Setia

Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti pemula, Bandung: Alfabeta.

Safari. (2008). Teknik analisis butir soal intrumen tes dan non-tes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Saroni, M. (2006). Manajemen sekolah kita menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung Alfabeta.

Sudjana, N. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara operasional. Yogyakarta: Rake Press.

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suwarma, A.M. (2007). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosda Karya.

Tirtaraharja., & La. S. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RinekaCipta.

Winkel, WS. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abad




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.14468

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Helena Elfrida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.