Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada siswa SMP Swasta di Jakarta Timur)
(1) UNINDRA SMPN.146JAKARTA
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Kebiasaan belajar dan Status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei pada SMP Swasta di Jakarta Timur). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Swasta di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Swasta Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000<0,05 dan Fhitung= 11,270. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,019<0,05 dan thitung= 2,415. Terdapat pengaruh yang signifikan status social ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,037< 0,05 dan thitung= 2,134.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri
Ahmadi, A. (2009). Psikologi umum. Jakarta: PT RinekaCipta.
Anang, S.R (2011).Kedudukan keluarga sangat startegis dalam mendidik anak anaknya., Bandung CV:PustakaSetia
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Dalyono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
Hamalik, (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Kartono, K. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
_________ (2006). Perilaku manusia, Jakarta: ISBN
Muhiddin., & Abdurrahman. (2007). Analisis, korelasi, regresi dan Jalur penelitian. Bandung CV: Pustaka Setia.
Numan, S. (2001) Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riana. (2011).. Kedudukan keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak- anaknya. Bandung CV. Pustaka Setia
Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti pemula, Bandung: Alfabeta.
Safari. (2008). Teknik analisis butir soal intrumen tes dan non-tes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Saroni, M. (2006). Manajemen sekolah kita menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung Alfabeta.
Sudjana, N. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara operasional. Yogyakarta: Rake Press.
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Suwarma, A.M. (2007). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosda Karya.
Tirtaraharja., & La. S. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RinekaCipta.
Winkel, WS. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abad
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.14468
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Helena Elfrida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |