Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Muhamad Bili Fatullah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Rahayu Permana(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi survei pada SMA Negeri di kabupaten Tangerang, Sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan Fhitung= 18,661, Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,006<0,05 dan thitung= 2,846, Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 4,226


Keywords


Prestasi Belajar Ekonomi; Kemampuan Berpikir Kritis; Kedisiplinan;

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I.H. (2013). Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): halaman 67-75. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/100 (diakses tanggal 11 juni 2021)

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

-------------------. (201&). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin. (2018). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Chaplin, J.P. (2013). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo. Persada

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman, M & Sulistyorini. (2019). Belajar & Pembelajaran.Yogyakarta: Teras

Fisher, A (2019) Berpikir kritis: sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga

Hamalik, O. (2015). Metode belajar dan kesulitan belajar. Bandung: Tarsito

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang. rentang kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, M. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Langrehr, J. (2016). Mengajarkan anak-anak kita berfikir. Batam: Interaksara.

Molan, B (2012) Logika: ilmu dan seni berpikir kritis. Jakarta: Indeks

Muhibbin (2012) Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E (2019). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta : Remaja Rosda Karya

Munadi, Y. (2018). Media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Purwanto, N. (2015). Administrasi dan supervisi pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rasyad, A (2018) Teori belajar dan pembelajaran.Jakarta Timur: Uhamka. Press

Riduwan. (2015). Metode riset, Jakarta : Rineka Ciptaan

Rohayati, A., Dahlan, J. A., & Nurjanah. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif Dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1): halaman 34-41.

Rosyada, D. (2017). Paradigma pendidikan demokratis: sebuah model. pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada

Rosyidi, S.(2019) Pengantar teori ekonomi pendekatan kepada. teori ekonomi mikro & makro. Jakarta: Rajagrafindo persada

Robbins, S.P, (2015) Perilaku organisasi. Jakarta:Indeks Kelompok Gramedia

Santrock JW. (2018) Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sujiono, Y.N. (2015). Metode pengembangan kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Admnistrasi, Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya

Suryabrata, S. (2016). Psikologi kepribadian, Jakarta : Rajawal

Surya, M. 2004. Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka. Bani Quraisy

Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. (2014) Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.14426

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Bili Fatullah, Sumaryoto, Rahayu Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.