Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi survei pada SMA Negeri di kabupaten Tangerang, Sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan Fhitung= 18,661, Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,006<0,05 dan thitung= 2,846, Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 4,226
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I.H. (2013). Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): halaman 67-75. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/100 (diakses tanggal 11 juni 2021)
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
-------------------. (201&). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Baharuddin. (2018). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Chaplin, J.P. (2013). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo. Persada
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, M & Sulistyorini. (2019). Belajar & Pembelajaran.Yogyakarta: Teras
Fisher, A (2019) Berpikir kritis: sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga
Hamalik, O. (2015). Metode belajar dan kesulitan belajar. Bandung: Tarsito
Hurlock, E. B. (2012). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang. rentang kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, M. (2015). Metodologi penelitian kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Langrehr, J. (2016). Mengajarkan anak-anak kita berfikir. Batam: Interaksara.
Molan, B (2012) Logika: ilmu dan seni berpikir kritis. Jakarta: Indeks
Muhibbin (2012) Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E (2019). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta : Remaja Rosda Karya
Munadi, Y. (2018). Media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Purwanto, N. (2015). Administrasi dan supervisi pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Rasyad, A (2018) Teori belajar dan pembelajaran.Jakarta Timur: Uhamka. Press
Riduwan. (2015). Metode riset, Jakarta : Rineka Ciptaan
Rohayati, A., Dahlan, J. A., & Nurjanah. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif Dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Pengajaran MIPA. 17(1): halaman 34-41.
Rosyada, D. (2017). Paradigma pendidikan demokratis: sebuah model. pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Rosyidi, S.(2019) Pengantar teori ekonomi pendekatan kepada. teori ekonomi mikro & makro. Jakarta: Rajagrafindo persada
Robbins, S.P, (2015) Perilaku organisasi. Jakarta:Indeks Kelompok Gramedia
Santrock JW. (2018) Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sujiono, Y.N. (2015). Metode pengembangan kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Admnistrasi, Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya
Suryabrata, S. (2016). Psikologi kepribadian, Jakarta : Rajawal
Surya, M. 2004. Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka. Bani Quraisy
Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Winkel, W.S. (2014) Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.14426
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhamad Bili Fatullah, Sumaryoto, Rahayu Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |