Pengaruh Persepsi Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru pada SMK Swasta di Kota Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah survey analisis jalur (Path Analysis) dengan jumlah responden sebanyak 85 dari siswa kelas XI SMK Kesuma Bangsa, SMK Cakra Nusantara, dan SMK Citra Negara di Kota Depok tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 4.684. Terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan persepsi atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig.= 0,652>0,05 dan thitung= -.453. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap persepsi atas profesionalisme guru SMK Swasta Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 003<0,05 dan thitung= 3.058. Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan persepsi atas kepemimpinan Kepala Sekolah melalui persepsi siswa atas profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMA Swasta di Kota Depok. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung= 1.533<ttabel= 1.980.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. I (2016). Aplikasi komputer, Penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri
Ahmad Fadli. (2011) Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Manhalun Nasyiin Press.
Arifin. (2009). Evaluasi pembelaja ran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S (2009). Prosedur peneiltian, Jakarta: PT. Rineka Cipt
Dimyati, S. (2008). Humanisasi pendidikan dan menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta : Bumi Aksara.
Didin, H. (2003). Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani Press.
Djoko, S.M., & Steve S. (2007). Corporate Culture. Jakarta : Alex Media Komputindo.
Hendri, T. Arep., & Ishak, (2003), Manajemen Motivasi, PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.
Hidayat, S., & Asroi. (2013). Manajemen pendidikan-substansi dan implementasi dalam praktik pendidikan di Indonesia. Tangerang : Pustaka Mandiri.
Mulyana, D. (2008). Ilmu komuni kasi sebagai suatu pengantar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2007). Manajemen berba- sis sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo
Rakhmat, J.( 2003). Psikologi komunikasi. Bandmg: Rosda Karya.
Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (Terjemahan, Edisi Sepuluh). Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi nya, Jakarta: Bisa Aksara
Solso. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta : Erlangga.
Sudjana, N. (2009). Metode dan teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta
¬¬¬__________ (2005). Metode statistika. Bandung : Tarsito bandung. Bandung.
__________ (2004). Penelitian hasil belajar mengajar. Bandung : Rosdakarya
Suciati. (2007). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjono, A. (2009). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sulistyorini, (2001), Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan
Supardi, U.S., (2013). Aplikasi statistika dalam Penelitian. Jakarta : Change Publication
Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2008). Metoda penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Udin, S.S. (2009). Pengembangan profesi guru. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2012). Kepemim pinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yukl, G.(2005). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Edisi kelima. Jakarta: Gramedia.
Veithzal. R. (2004). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Raja Gravindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.14384
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 dian irmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |