Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Riki Ardian(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) 1. Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI 2. MTs. Syarikat Islam 3 Cicurug
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Menggunakan metode survei dengan analisis regresi, sampel terdiri dari 60 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di Kabupaten Sukabumi, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kolektif, motivasi belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Temuan ini didukung oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,761, yang menunjukkan bahwa 76,10% variasi prestasi belajar dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Secara terpisah, kedua variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Motivasi belajar terbukti berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan uji-t 3,750, sementara kemandirian belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) dan uji-t 3,364. Kesimpulannya, motivasi dan kemandirian belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.


Keywords


Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Amral & Asmar. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT. Guepedia

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita, (2016) Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hasan, M., dkk. (2021). Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan: Implementasi Prinsip-Prinsip Psikologi Dalam Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Istirani dan Pulungan, I. (2017). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang. CV. IRDH.

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UNS Press.

Prawira, P.A. (2013). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2014). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung : PT.Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sary, Y.N.E. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Setiani, A. & Priansa, D.J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobri, M. (2020). Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Bogor: PT. Guepedia.

Efikasi Diri). Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Sudjana. (2010). Metode statistik, Bandung : Tarsito.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT.Alfabeta.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak .

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tambunan, T.S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. (2015). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Edisi 1. Jakarta: Kencana.

Uno, H.B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.14382

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Riki Ardian, Sumaryoto Sumaryoto, Hasbullah Hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.