Peranan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Indonesia Tahun 1922-1930

Kanisius Geli(1*), Heru Sriyono(2), Sumaryoto Sumaryoto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Uninversitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Peranan Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan Indonesia tahun 1922-1930 ini diteliti karena pendidikan bagi rakyat Indonesia yang sangat kurangnya pengajaran yang diberikan oleh Belanda kepada bangsa Indonesia dan pendidikannya sangat tidak sesuai dengan kepentingan hidup bangsa Indonesia sendiri. Penelitian ini akan menjawab rumusan masalah bagaimana latar belakang perjuangan serta langkah-langkah yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan Indonesia dan bagaimana dampak Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah mulai heuristic, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini adalah menerangkan latar belakang perjuangan serta langkah-langkah yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan Indonesia dan dampak dalam memajukan pendidikan yaitu Perbedaan pendapat di kalangan taman siswa serta Kebijakan orde baru dengan mendirikan SD Inpres yang memundurkan peran perguruan tamansiswa.


Keywords


Mamanjukan; Pendidikan; Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Blumberger, J.Th.Petrus. 1931. De Nationalististiache Beweging in Nederlandsch Indie.

Dadang Supardan. 2006. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural.Jakarta: Bumi Aksara.

Dekker, E.F.E. Douwes. 1913. De Indische Partij: Haar Wezen En Haar Doel. Bandoeng.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Gunung Jati.

Dewantara, Bambang Sokawati. 1989. Ki Hajar Dewantara Ayahku. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Dewantara, Ki Hadjar. 1964. Asas-Asas dan Dasar-Dasar Taman Siswa.Djogjakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.

. 1959. Demokrasi dan Leiderschap. Djogjakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.

. 1994. Kebudayaan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

. 1957. Masalah Kebudayaan. Djogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

. 1977. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Djojonegoro, Ing Wardiman. 1996. 50 Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia. DEPDIKBUD: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan.

Driyarkara. 1980. Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Dwi Narwoko, dkk. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Elson, R.E. 2009. The Ide Of Indonesia: Sejarah Pemikiran dan Gagasan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Furnivall, J. S. 2009. Hindia Belanda: Studi Tentang Ekonomi Majemuk. Jakarta: Freedom Institute.

Gottschlak, Louis (terjemahan. Nugroho Notokusumo). 1975. Mengerti Sejarah : Pengantar Metode Sejarah. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Hadiwijoyo, Ki Soerono. 2006. Perguruan Taman Siswa Dalam Perspektif Perjuangan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Harahap, H.A.H. & Dewantara, B.S. 1980. Ki Hajar Dewantara dan Kawan-Kawan. Jakarta: Gunung agung.

Hariyadi, Ki. 1982. Sepuluh Tahun Perkembangan Pendidikan Taman SIswa (Tahun 1972- 1982). Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Idris, Zahari. 1981. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya.

Iswanto, Ki H. Bitus. 2006. Buku Panduan: Kongres XIX Persatuan Taman Siswa 11-15 Desember 2006. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Kardiyat Wiharyanto, A. 2007. Sejarah Indonesia Baru 1: Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kartodirdjo, Sartono. 1967. Lembar Sedjarah I, Kolonialisme dan Nasionalisme di Indonesia abad 19-20. Djogjakarta: Seksi Penelitian Djurusan Sedjarah Fakultas Sastra dan kebudayaan UGM.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Yayasasan Benteng Budaya.

Kuper, Adam & Kuper, Jessica. 2000. Ensiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Le. Frere, W. 1952. Taman Siswa 1952. Djakarta: Penerbitan dan Balai Buku Indonesia.

Musman Wiryosentono. 1992. Lintasan Sejarah Perjuangan Taman Siswa Dasawarsa 1982-1992. Anonim.

Nasution, A. 1983. Sosiologi Pendidikan. Bandung:Jemmars.

Niel, Robert van. 1984. Munculnya Elite Modern Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Panitia Buku Peringatan Taman Siswa 30 Tahun. 1952. Buku Peringatan Taman Siswa 30 Tahun 1922-1952. Djogjakarta: Taman Siswa.

Poesponegoro, Marwati Djoened & Notosusanto, Nugroho. 1984. Sejarah Nasional Indonesia V. Jakarta: Balai Pustaka.

Pringgodigdo A.K. 1950. Sedjarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Djakarta: Pustaka Rakyat.

Ricklef, M.C (terjemahan Dharmono Harjowidjono). 1991. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sajoga. 1952. Riwayat Perdjuangan Taman Siswa 1922-1952. Djogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Salim, Peter. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern

Soeratman. 1966. Pola-Pola Pendidikan Taman Siswa. Djogjakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.

Soeratman, Darsiti. 1983. Ki Hajar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisonal Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Soeratman, Ki. 1973. Pengantar Sistem Among. Yogyakarta: Persatuan Taman Siswa Yogayakarta.

Soerjono Soekanto. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suparto Raharjo. 2009. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.

Surjomihardjo, Abdurahman. 1986. Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern. Jakarta: Sinar harapan.

Tauchid, Mochammad. 1963. Perjuangan dan Adjaran Hidup Ki Hadjar Dewantara. Djogjakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.

Team Studi Taman Siswa. 1974. Laporan Studi: Sejarah Pendidikan Swasta Taman Siswa. Yogyakarta: Team Studi Taman Siswa.

Tim penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Vembriarto, St., dkk. 1994. Kamus Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.14268

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kanisius Geli, Heru Sriyono, Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.