Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Kerja Terhadap Keterampilan Literasi Digital

Andreas Kurniawan(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Syahid Syahid(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh persepsi Atas Media Pembelajaran dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Keterampilan Literasi Digital; 2). Pengaruh persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Literasi Digital; 3). Pengaruh motivasi kerja terhadap Keterampilan Literasi Digital. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada guru SMP Negeri di kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 orang guru sebagai sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan regresi linier berganda. Analisa data diolah menggunakan SPSS 26. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi kerja terhadap keterampilan literasi digital. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap keterampilan literasi digital. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap keterampilan literasi digital.


Keywords


digital literacy skills; perception on learning media

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asnawir, Usman Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) sector Pendidikan 2018. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia

Catts, R., & Lau, J. (2008). Towards Information Literacy Indicators. Paris: UNESCO.

Eshet-alkalai, Y. (2004). Digital-literacy2004-JEMH.pdf. 13, 93–106European Commssion. 203. Elearning:Better eLearning for Europe. Directorate-General for Education and Culture. Luxembourg: Office for Official Publications of the European Communities

Fahmi, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Michigan: Willey

Jones & Hafner. (2012). Understanding Digital Literacies (A Practical Introduction). New York: Routledge

Kwartolo, Y. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 9(14): 15-43.

Mangkunegara, A. A. Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Munir. (2009). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta

Munir. (2014). Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru . Bandung: Alfabeta

Musiin & Indrajit, R. E. (2020). Literasi Digital Nusantara-Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui Literasi. Yogyakarta: ANDI

Nasrullah, R. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Rawamangun, Jakarta Timur: Kemendikbud.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung.Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Steven L. McShane & Mary Ann Von Glinow .(2008). Organizational Behavior. New York: The McGraw-Hill.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja

Sumiharsono, Rudy, dan Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Surabaya: CV Pustaka Abadi

Supardi. (2013) Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication

Thoha, Miftah. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.12879

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andreas Kurniawan; Sumaryoto; Syahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.