Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS

Rani Julia(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Jakarta Timur. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket lansung kepada sampel. Data Analisis diproses dengan SPSS 22. Instrumen ini digunakan kuesioner dan ujian akhir.Hasil penelitian menunjukkan (1)Terdapat pengaruh yang sinifikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar IPS (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPS (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi BelajarĀ  terhadap Prestasi Belajar.

Keywords


Critical Thinking Ability; Motivation to learn; Learning achievement.

Full Text:

PDF

References


Alwasih, chaedar (2007). Contextual Teaching and Learning. MLC: Bandung.

Aunnurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta CV: Bandung.

Dimyati, Mudjiono.2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamiyah, Nur dan Jouhar Muhammad (2014) Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustakarya : Jakarta

Latipah, Eva. (2017). Psikologi Dasar. PT Remaja Rosdakarya:Bandung

Santrock, Jhon.W. (2010). Perkembangan Anak. Erlangga: Jakarta

Sapriya (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

Sapriya. (2016). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta

Sumantri, Mohammad Syarif. (2016). Strategi pembelajaran. PT Rajagrafindo persada: Jakarta

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Pustaka pelajar:Yogyakarta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Kencana prenada media grup: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.12712

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rani julia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.