Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 508 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik korelasional. Hasil penelitian menunjukan Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktian dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 113.654. Sedangkan besarnya kontribusi Kemampuan Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ditunjukkan oleh koefisiensi determinasi yaitu sebesar 82,6 % sedangkan sisanya sebesar 17,4 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktian dengan nilai dan Sig. 0,002 < 0,05 dan thitung = 3.288. Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktian dengan nilai dan Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 6.558.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminudin, Rasyad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press & Yayasan PEP-EX 8.
Arthur L. Wilson and Ronald M. Cervero. (1996). Learning from Practice; Learning to see what matters in program planning English New-Directions-for-adult-and-continuing-education. Jakarta: Data base UHAMKA
Djaali. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Herman Hudoyo. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Mahmud, Dimyati. (1982). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Marimba, Ahmad. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al Ma’arif
Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2003). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Singarimbun dan Effendi. (1999). Metode Penelitian Survei. Yogyakarta: Pustaka LP3S.
Siregar, Sofyan. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.
Suryabrata, Sumadi. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syaodih, Nana. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.
The Liang Gie. (1994). Cara Belajar Efektif. Yogyakarta: Liberty.
Winkel, W.S. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.12626
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Miftahullah Bisi, Sumaryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |