Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu hal penting lain yang harus diperhatikan oleh guru jika ingin mengajak siswa untuk dapat terlibat langsung secara emosional dan tertarik pada proses pembelajaran, sehingga dapat berinteraktsi secara aktif dengan guru dengan memberi stimulus yang dapat memotivasi siswa Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran (2) Sikap belajar siswa (3) Prestasi belajar PPKn siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, dengan jumlah populasi siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Karawang, dan melalui teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Teknik analisis regresi linear digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa Persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap Belajar Siswa berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmad dan Widodo Supriono. (2014) . Psikologi Belajar . Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta
Azami, Najiib. (2011) . Hubungan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAIS di SMPN 5 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Tesis,Makassar: PPs UIN Alauddin,Tidak Diterbitkan .
Fransisca,Lucia.& Sri Sarwiyatin,Endang. Pengaruh Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar
Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik SMA Negeri Ponggok Kabupaten Blitar. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol.19(1)
Dimyati dan Mudjiono. (2004) . Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud
Diana Kurnialita. 2013. Pengaruh Persepsi siswa pada Akuntansi dan Sikap siswa pada Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA 1 Gamping Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal ISSN. Fakultas Ekonomi : UNY
Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Gunawan, Muhammad Ali. (2013). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing.
RI, (2003).Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.
https://www.academia.edu/8520348, (2014) PERMENDIKBUD Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013
Abdullah, S.I.(2014). Aplikasi Komputer. Tanggerang : PT Pustaka Mandiri
Abdurrahman, Mulyono (2003) . Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar.Cet. III. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir, Metodologi. (2005). Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Jakarta: Rineka Cipta
Passer, M. W., & Smith, R. E. (2010). Psychology: The Science of Mind and Behavior. New York: McGraw-Hill.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suharsimi, Arikunto. (2003) . Posedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rieneka Cipta.
Jalaludin Rahmat. (2009). Psikolog Komunikasi. Bandung : Grasindo
Muhibin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rosda Karya.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim. (2000). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamid, Oemar. (2007) Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Margono, S.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. .
Davis, J. (2001). Conceptual change. In M. Orey (Ed.), Emerging perspectives on learning, teaching, and technology. Tersedia http://itstudio.coe.uga.edu/ebook
Sudjana, Nana.(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumaryoto. (2015). Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir, Dan Tesis. Jakarta : Unindra Press
Nana S. Sukmadinata.(2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan .Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12617
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lenny Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |