Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Lenny Marlina(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu hal penting lain yang harus diperhatikan oleh guru jika ingin mengajak siswa untuk dapat terlibat langsung secara emosional dan tertarik pada proses pembelajaran, sehingga dapat berinteraktsi secara aktif dengan guru dengan memberi stimulus yang dapat memotivasi siswa Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran (2) Sikap belajar  siswa (3) Prestasi belajar PPKn siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey, dengan jumlah populasi siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Karawang, dan melalui teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 85 orang. Teknik analisis regresi linear digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa Persepsi atas Media Pembelajaran dan Sikap Belajar  Siswa berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan.


Keywords


Lingkungan keluarga; teman sebaya; dan motivasi belajar akuntansi

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmad dan Widodo Supriono. (2014) . Psikologi Belajar . Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azami, Najiib. (2011) . Hubungan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAIS di SMPN 5 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Tesis,Makassar: PPs UIN Alauddin,Tidak Diterbitkan .

Fransisca,Lucia.& Sri Sarwiyatin,Endang. Pengaruh Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar

Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik SMA Negeri Ponggok Kabupaten Blitar. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol.19(1)

Dimyati dan Mudjiono. (2004) . Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud

Diana Kurnialita. 2013. Pengaruh Persepsi siswa pada Akuntansi dan Sikap siswa pada Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA 1 Gamping Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal ISSN. Fakultas Ekonomi : UNY

Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Gunawan, Muhammad Ali. (2013). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing.

RI, (2003).Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sinar Grafika.

https://www.academia.edu/8520348, (2014) PERMENDIKBUD Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013

Abdullah, S.I.(2014). Aplikasi Komputer. Tanggerang : PT Pustaka Mandiri

Abdurrahman, Mulyono (2003) . Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar.Cet. III. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, Metodologi. (2005). Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Jakarta: Rineka Cipta

Passer, M. W., & Smith, R. E. (2010). Psychology: The Science of Mind and Behavior. New York: McGraw-Hill.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. (2003) . Posedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rieneka Cipta.

Jalaludin Rahmat. (2009). Psikolog Komunikasi. Bandung : Grasindo

Muhibin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rosda Karya.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. (2000). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, Oemar. (2007) Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Margono, S.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. .

Davis, J. (2001). Conceptual change. In M. Orey (Ed.), Emerging perspectives on learning, teaching, and technology. Tersedia http://itstudio.coe.uga.edu/ebook

Sudjana, Nana.(2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumaryoto. (2015). Panduan Penulisan Skripsi/Tugas Akhir, Dan Tesis. Jakarta : Unindra Press

Nana S. Sukmadinata.(2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan .Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12617

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lenny Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.