Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Pembinaan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan

Dian Ratnasari Asrori(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh perhatian orang tua dan pembinaan karakter secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Swasta di Kota Depok. 3) Pengaruh pembinaan karakter terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Swasta di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik analisis korelasional. Populasi adalah siswa SMK Swasta di Kota Depok, dengan besar sampel sebanyak 84 siswa, dengan model statistik yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan pembinaan karakter secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,042. Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pretasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,025 < 0,05 dan thitung = 2,282. Terdapat pengaruh yang signifikan pembinaan karakter terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,026 < 0,05 dan thitung = 2,263.


Keywords


Parental Attention; Character Coaching; Learning Achievement.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi & Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2002). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Benninga, J. S., Berkowitz, M. W., Kuehn, P., & Smith, K. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic. Journal of Research in Character Education, Vol. 1(1), 448-452

Ibrahim, D. S., & Suadirman, S. P. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. 2(1): 72.

Djaelani, S., Suriani, Zahara, T., & Sartini. (2014). Dasar-Dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Hidayat, S. (2019). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Irzal, M., Saerang, I., & Jopie, R. J. (2017). Pelatihan dan pengembangan SDM dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Jurnalis Media Online di Detikawanua.com. Jurnal EMBA.

Kadaruman, G. B. (2013). Underachievement in Gifted students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 165-172.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Meika, & Herliana. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa SD Kelas 2 di SDK YBPK Mojowarno Jombang. Jurnal Kebidanan,Vol. 2(1),, 1-8.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsit

Ryan, R, M., & Deci, E, L. (2000). Handook Of Self-Determination Reaserch. Singapore: The University Of Rochester Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, M, A. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12398

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Ratnasari Asrori, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.