Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Negeri Di Tangerang Selatan

Leli Yuliana(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan, 2).Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan, 3).Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 8,435, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,782, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,900


Keywords


Lingkungan Sekolah , Kebiasaan belajar, dan Prestasi belajar ips

Full Text:

PDF

References


E.W. ( 2017). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Akhadiah, S. (2016). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arikunto, S. (2010). Evaluasi rogram pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsjad, M.G & Mukti U.S. (2016). Pembinaan kemampuan bebicara bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Brown, H. D. (2014). Teaching by principles. white plain, NY: Addison Wesley Longman, Inc

Decarrico, J. S. (2014). Vocabulary learning and teaching. In Celce-Murcia, M. (Ed). Teaching English as a Second and Foreign Language.Boston: Heinle & Heinle

Finoza, L. (2019). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia

Ghazali, S. (2017). Pembelajaran keterampilan berbahasa dengan pendekatan komunikatif-interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Harmer, J. (2012) The practice of english language teaching, 3rd Ed, New York: Pearson Education Limited

Iskandar. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kurniasari, N.(2012). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan narasi. Malang: FIP UM

Mahsun. (2014) Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Mulyati. (2019). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Musfiroh. (2014). Diktat menyimak komprehensif dan Kritis. PSI: FBS UNY.

Nazir,M. (2019). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nunan, D. (2001). Language teaching methodology. New York: Phoenix ELT

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Parera, J. D. (2017). Linguistik edukasional metodologi pembelajaran bahasa, Analisis kontrastif antarbahasa, analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Nurjamal, D. (2015). Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2014). Metode dan teknik menyusun tesis, Bandung : Alfabeta

Semi, M.A. (2017). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung : Angkasa

Sukino. (2010). Menulis Itu mudah panduan praktis menjadi penulis handal. Yogyakarta : Pustaka Populer LkiS

Sulastri. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara formal dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara. Jakarta: UNJ.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriamiharja, (2016). Petunjuk praktis menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan

Tarigan, H.G. (2018). Menulis sesabad suatu keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa

----------------(2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

----------------(2014). Menulis: suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thornbury, S. (2012). How to teach vocabulary, London: Longman

Wijayanto, D.(2018). Upaya peningkatan ketrampilan membaca anak usia dini Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Yunus, M & Supriyanto. (2017). Keterampilan dasar menulis. Jakarta Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.12389

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Leli Yuliana, Soemaryoto Soemaryoto, Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.