Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Negeri Di Tangerang Selatan
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan, 2).Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan, 3).Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 8,435, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,782, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,900
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E.W. ( 2017). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Akhadiah, S. (2016). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Arikunto, S. (2010). Evaluasi rogram pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsjad, M.G & Mukti U.S. (2016). Pembinaan kemampuan bebicara bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Brown, H. D. (2014). Teaching by principles. white plain, NY: Addison Wesley Longman, Inc
Decarrico, J. S. (2014). Vocabulary learning and teaching. In Celce-Murcia, M. (Ed). Teaching English as a Second and Foreign Language.Boston: Heinle & Heinle
Finoza, L. (2019). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia
Ghazali, S. (2017). Pembelajaran keterampilan berbahasa dengan pendekatan komunikatif-interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Harmer, J. (2012) The practice of english language teaching, 3rd Ed, New York: Pearson Education Limited
Iskandar. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kurniasari, N.(2012). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan narasi. Malang: FIP UM
Mahsun. (2014) Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Mulyati. (2019). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Musfiroh. (2014). Diktat menyimak komprehensif dan Kritis. PSI: FBS UNY.
Nazir,M. (2019). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nunan, D. (2001). Language teaching methodology. New York: Phoenix ELT
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.
Parera, J. D. (2017). Linguistik edukasional metodologi pembelajaran bahasa, Analisis kontrastif antarbahasa, analisis kesalahan berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Nurjamal, D. (2015). Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2014). Metode dan teknik menyusun tesis, Bandung : Alfabeta
Semi, M.A. (2017). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung : Angkasa
Sukino. (2010). Menulis Itu mudah panduan praktis menjadi penulis handal. Yogyakarta : Pustaka Populer LkiS
Sulastri. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara formal dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara. Jakarta: UNJ.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriamiharja, (2016). Petunjuk praktis menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan
Tarigan, H.G. (2018). Menulis sesabad suatu keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa
----------------(2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
----------------(2014). Menulis: suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thornbury, S. (2012). How to teach vocabulary, London: Longman
Wijayanto, D.(2018). Upaya peningkatan ketrampilan membaca anak usia dini Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Yunus, M & Supriyanto. (2017). Keterampilan dasar menulis. Jakarta Universitas Terbuka
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.12389
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Leli Yuliana, Soemaryoto Soemaryoto, Mamik Suendarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |