Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua Dan Penyediaan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar IPS
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua Dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah bersama–sama dan Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan tekinik analisis korelasional. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 siswa SMP Negeri di Kota Bekasi ,dengan teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan latar belakang pendidikan formal orang tua dan penyediaan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung =12.427, (2) terdapat pengaruh yang signifikan latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0.000< 0,05 dan thitung = 3,761. (3) terdapat pengaruh yang signifikan penyediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0.000< 0,05 dan thitung = 3,698
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M., & Muhidin, S. A. (2012). Paduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial- Administrasi- Pendidikan). Bandung : Pustaka Setia.
Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar Dan Prestasi Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 49.
Ainurrahman. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajardan Pembelajaran. Yogjakarta: AR-Ruzz Media.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Djamarah, S. B. (2013). Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Ihsan, F. (2013). Dasar-DasarKependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, Sudi., & Dkk. (2013). Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Munir, Z. (2010). Pengertian Orang Tua. Bandung: Refika Aditama.
Riduwan. (2016). Dasar-dasar Statiska. Bandung: Alfabeta.
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswadi SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 201.
Sagala, Syaiful (2008), Manajemen Berbasis Sekolah dan masyarakat: Stategi memenangkan persaingan mutu . Jakarta: Nimas Multima.
Sapriya, dkk.(2007). Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Slameto. (2011) Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, U. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publisher.
Suprijanto. (2009). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Toharudin, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya Untuk Pendidik Yang Profesional. Klaten: Lakeisha.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12295
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Azzahra Siti Ramadan, Sumaryoto Sumaryoto, Maman Ahdiyat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |