Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID–19 Pada MA Swasta di Jakarta Selatan

Rukhoyah Rukhoyah(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kompetensi literasi digital merupakan suatu problem ketidaksiapan masyarakat sekolah, terutama pada guru dan siswa dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid – 19, Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi Pemahaman guru dan siswa terhadap literasi digital sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid-19 pada MA Swasta di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pemahaman guru dan siswa terhadap literasi digital disekolah sudah dipahami dengan baik. Guru dan siswa memiliki kompetensi literasi digital pada kemampuan dasar, utama, menengah, lanjutan dan kecakapan literasi yang baik. Namun pada kemampuan teknis masih tergolong kurang baik. Hambatan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, diantaranya ketersediaan kuota, ketersediaan media digital sebagai sarana belajar siswa di rumah, kurang adanya pengawasan, siswa kurang termotivasi dan kurang disiplin, serta mata terasa cepat lelah karena pengaruh perangkat digital. Upaya yang dilakukan diantaranya meningkatkan dan mengembangkan ketersediaan sarana prasarana, penguatan actor atau fasilitator, meningkatkan jumlah pelatihan literasi digital, dan penguatan forum bersama orang tua dan masyarakat


Keywords


Kompetensi Literasi Digital; Pembelajaran Jarak Jauh; Masa Pandemi Covid - 19

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A.Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

American Library Association (ALA).2013. Digital literacies. Libraries, and Public Policy. http://districtdispact.org/wp content/uploads/ 2013/01/2012_OITP_digilitreport_1_22_13.pdf diakses tanggal 09 Mei 2021.

Ananda, Arif., Mukhadis, Amat., & Andoko. 2010. Kinerja Guru Kejuruan Bersertifikat Pendidik Ditinjau dari Standar Kompetensi Guru Profesional Sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Malang, Vol.33(1). diakses:18 Mei 2021.

Burhan, Bungin. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hague, Cassie dan Sarah Payton. 2010. “Digital Literacy Across the Curriculum: a Futurelab Handbook. United Kingdom” dalam https://www.nfer.ac.uk/publications/FUTL06/ FUTL06.pdf,diakses pada 15 Mei 2021.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Selemba Humanika Sugiyono, 2014

Kemendikbud, 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. TIM GLN Kemendikbud, Jakarta Timur. copendukung-literasi-digital-gabung.pdf. diakses pada 15 Mei 2021.

LODIKTI(http://www.kopertis3.or.id/html/wpcontent/uploads/2011/12/kompetensi-dan-learning-outcomes-dikti.pdf) diakses 15 Mei 2021.

Martin, A. 2006. “Literacies for Age Digital Age” dalam Martin & D. Madigan (eds), Digital Literacies for Learning. London: Facet. diakses 17 Mei 2021.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.

Retnaningdyah, Pratiwi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. (2012). Charting digital literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college.Presentado en Innovations.

Sugiyono. 2015. Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Refika Aditama.

Sutrisno, Edy. 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana.

Tahrus, Zainun N.H. 2020. Dunia dalam Ancaman Pandemi: Kajian Transisi Kesehatan Mortalitas Akibat Covid19. tersedia pada https://www.researchgate.net/publication diakses : 20 Mei 2021.

Wamukoya. 2007. Web Information management: A Cross–disciplinary textbook. Oxford: Chandos Publishing. diakses : 20 Mei 2021.

Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid19); Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine Volume 2:1. diakses pada 15 April 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.11943

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rukhoyah Rukhoyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.