Persepsi Atas Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar
(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 102 Cijantung, SMP Negeri 103 Cijantung dan SMP Negeri 179 Kalisari, yang berjumlah 1100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, tehnik sampling menggunakan multistage sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan statistic Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan FH = 28,175. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas metode pembelajaran belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH =5,101. Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH = 5, 434.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Wardiyono. (2010). Sumber, Bahan, dan Media Pembelajaran IPS. Diambil dari http://aguswrd.blogspot.com/2010/10/sumber-bahan-dan-media-pembelajaran-ips.html,pada tanggal 24 Juni 2013 jam 15.30.
Arends, Richard.(2008). Learning to Teach : Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
C. Asri Budiningsih. (2006). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eggen, P dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Edisi ke Enam. Jakarta: Indeks.
Esa Nur Wahyuni. (2009). Motivasi dalam Pembelajaran. Malang: UIN-Malang Press.
Etin Solihatin dan Raharjo. (2009). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisi di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ridwan Abdullah S. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rita Eka Izzaty,dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Rudi Gunawan. (2013). Pendidikan IPS: Filosofis, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Rusman.(2012). Model–Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajagrafindo Persada
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Cetakan Ke 17. Bandung: Alfabeta
________ (2007).Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Syaifuddin Azwar. (1999). Penyusunan Skala Motivasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Taufik Amir.(2009). Inovasi Pendidikan melalui Probelem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana.
Trianto.(2007).Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tulus Winarsunu. (2010). Statistik dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
__________. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.11612
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nova Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |