Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi: Studi Pada SMA Negeri di Kabupaten Bima
(1) Universitas Nadhlatul Wathan Mataram
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kondisi sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Bima, 2) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bima, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Bima. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 640 dengan sampel sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 13,028, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan th = 5,071, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan th= 0,021.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanta, F. C. Susila. (2019). “Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris.” Administrative Law and Governance Journal 2(4):697–709.
Ahmadiyanto. (2016). “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si ( Kotak Huruf Edukasi ) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIIIC NEGERI 1 LAMPIHONG TAHUN PELAJARAN 2014/201.” Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan 6(2):980–93.
Egok, Asep Sukenda. (2016). “KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR 7(2):186–99.
M. Ahyar, Hapsari, Isroyati. (2019). “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 2(2):188–95.
Manoto Togatorop. (2017). “Pengembangan Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Berbantu Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Pada Mata Pelajaran Ekonomi.” Satya Widya 33(2):128–45.
Muhammad, Maryam. (2004). “PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN.” Lantanida 4(2):88–97.
Sastrawati, Eka, Muhammad Rusdi, dan Syamsurizal. 2011. “Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.” Tekno-Pedagogi 1(2):1–14.
Siti Maesaroh. (2013). “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 1(1):150–68.
Subianto, Jito. (2013). “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8(2):331–54.
Sudiapermana, Elih. (2009). “Pendidikan Informal.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4(2).
Susanti, Sani. (2014). “Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia.” jurnal Handayani 1(2):9–19.
Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Pendidikan Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.11252
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
Copyright (c) 2023 Yorman Kasman, Sumaryoto Sumaryoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |