Prestasi Belajar IPS Dipengaruhi oleh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa di Kota Tangerang Selatan

Edson Sahulatta(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Suparman(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS. 2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar IPS. 3) Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar secara bersama-sama Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas X SMK Swasta di Kota Tangerang Selatan dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, dengan teknik sampling yaitu Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan nilai akhir (PTS dan PAS). Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS. 2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. 3) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.


Keywords


Prestas Belajar, IPS, Media Pembelajaran, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Ansori, M, dan Iswati. S (2017). Metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Abdul, M. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Asparinda. (2015). Motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Skripsi). Universitas Jambi, Jambi

Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Badaruddin, A (2015). Peningkatan Motivasi belajar Peserta didik Melalui Konseling Klasikal. Sumatra Barat: CV Abe Kreatifindo.

Batubara, H. H. (2002). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Bungin, B. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik, serta ilmu-ilmu sosial lainnya (Edisi 2. Cetakan ke-9). Jakarta: Kencana.

Dirman dan Cicih, S. (2014). Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Duli, N. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Efendi, R. dan Gustriani, D. (2020). Manajemen kelas di sekolah dasar. Pasuruan: Qiara Media.

Eriyanto. (2017). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya (Edisi 1, Cetakan ke-3). Jakarta: Kencana.

Faqih, M. (2015). Definisi penilaian. [Online]. Diakses dari https://unityofscience.org/definisi-penilaian/

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil esensi: Berpikir kreatif & motivasi belajar siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Jalinus, N., dan Ambiyar. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kahirunisa. (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar mengetik manual siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta (skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kustadi, C., dan Dermawan, D. (2020). Pengenbangan media pembelajaran: Konsep dan aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Jakarta: Kencana.

Listyana, R., dan Hartono, R. (2015). PERSEPSI DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENANGGALAN JAWA DALAM PENENTUAN WAKTU PERNIKAHAN (STUDI KASUS DESA JONGGRANG KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2013). 5 (1) hal. 121

Marbun, M. S. (2018). Psikologi pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Morrison. (2012). Metode penelitian suevei (Ed.1). Jakarta: Kencana.

Nugraha, U. (2016). Hubungan persepsi, sikap dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa pendidikan olahraga dan kesehatan Universitas Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). Diakses dari https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/2640

Nurul, A. 2015. Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Oka, A. P. (2017). Media dan multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam memotivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5 (2) hal. 216-232.

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Purba, R. A. (2020). Pengantar media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Rahmad, S. P. (2018). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran (Rev. ed). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Rosyid, Z., Mustajab., dan Aminol, R. (2019). Prestasi belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Saifuddin. (2018). Pengelolaan pembelajaran – teoritis dan praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Salim, H., dan Haidir. (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekata, dan jenis (Edisi 1, Cetakan ke-1) Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. H. (2008). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP). (Edisi 1, Cetakan ke-1) Jakarta: Kencana.

Sarwono, J. (2010). Pintar menulis karangan ilmiah: Kunci sukses dalam menulis ilmiah (Edisi 1) Yogyakarta: ANDI.

Satrianawati. (2018). Media dan sumber belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Saurdi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sumiharsono, R., dan Hasanah, H. (2017). Media belajar. Jember: Pustaka Abadi.

Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Siyoto, S., dan Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suryani dan Hendrayadi. (2016). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi islam (Ed.1). Jakarta: Kencana.

Sriyanti, I. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Syifa, S. M. (2014). 53 Metode belajar dan pembelajaran. Bandung: Indonesian University Of Education.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran Jilid 1. Sukabumi: CV Jejak. Anggota IKAPI.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Universitas Psikologi. (2019). Motivasi belajar: Teori, aspek, indikator, prinsip, dan fungsi motivasi dalam belajar (Internet). Diakses dari https://www.universitaspsikologi.com/2019/12/motivasi-belajar-teori-aspek-indikator.html

Yuzarion, Y. (2017). Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Volume (2) hal. 111 – 117

Yuami, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran (Ed.1). Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuami, M. (2017). Ragam media pembelajaran: Dari pemanfaatan media sederhana ke penggunaan multimedia. Dalam Seminar Nasional dan Workshop tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences di. Pare-Pare: PPs STAIN.

Yusuf, M. A. (2015). Asesmen dan evaluasi pendidikan: Pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan (Ed.1). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.11229

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edson Sahulatta, Sumaryoto, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.