Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada MTs Swasta di Kota Bogor

Marwi Marwi(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Syarif Hidayat(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada MTs Swasta di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi yang menghubungkan data yang menunjukkan pengaruh persepsi terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Data variabel persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun peneliti, yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh dari nilai hasil belajar, hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS di MTs Swasta di kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fh= 7118,317. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS di MTs Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan t= 5,917. Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada MTs Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan t= 9,972.


Keywords


Persepsi Media Pembelajaran; Motivasi; Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2002. Media Pembelajaran,Jakarta:Grafindo Persada.

Arsyad Azhar. 2002. Media pembelajaran, jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Asnawir & Bsyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran,Jakarta : Ciputat Prees.

Chalijah Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan Surabaya: Al-Ikhlas, 1994

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan PembelajaranJakarta: Rineka Cipta, cet. 3, 2006.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maslikhah. 2009. Ensikopedia pendidikan. Salatiga: STAIN Salatiga Press

Mulyasana Dedi,Dkk, 2011. Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Muhammad Uzer Usman, Menjadi Guru ProfesionalBandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.

Nursid Sumaatmadja, Metodologi Pengajaran Ilmu Sosial (IPS), (Bandung: Alumni, 1980.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta.

Sadiman AS, dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: CV Rajawali, 1990.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPSKonsep Dan Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarsa.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang MempengaruhinyaJakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sumadi Surya Subrata, Psikologi PendidikanJakarta: Raja Grafindo Persada: 1995.

Sumarti, Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan

Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. 2013.Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyitno. 2009. Landasan Filosofi Pedidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Depertemen Pendidikan Nasional.

Sriyanti. Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa IndonesiaJakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007.

Trianto, Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Prestasi Belajar,Tesis Pascasarjana Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Lampung. Tahun 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.11159

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 marwi marwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.