Pengaruh Adversity Question dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis: (1) pengaruh rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. (3) pengaruh adversity question terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Kota Depok pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan. (3) rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Nuraeni., D. (2011). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VII & VIII di SLTPN 1 Lumbang Pasuruan. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri (UIN) Malang.
Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematika-logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 10 Nopember 2012.
Suhartono. (2016). Adversity Quetiont sebagai Acuan Guru dalam Memberikan Soal Pemecahan asalah Matematika. Inovasi. XVIII(2). 62-70.
Soeharto, I. (2008). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.11080
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 dony krisna, Sumaryoto, Yos Uly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |