Pengaruh Adversity Question dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Dony Krisna(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Yos Uly(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis: (1) pengaruh rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. (3) pengaruh adversity question terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Kota Depok pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rasa percaya diri dan adversity question secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kota Depok. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan. (3) rasa percaya diri terhadap prestasi belajar ekonomi SMA Negeri di Kota Depok.


Keywords


Adversity Question; Rasa Percaya Diri; Prestasi Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Nuraeni., D. (2011). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VII & VIII di SLTPN 1 Lumbang Pasuruan. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri (UIN) Malang.

Suhendri, H. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematika-logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 10 Nopember 2012.

Suhartono. (2016). Adversity Quetiont sebagai Acuan Guru dalam Memberikan Soal Pemecahan asalah Matematika. Inovasi. XVIII(2). 62-70.

Soeharto, I. (2008). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.11080

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dony krisna, Sumaryoto, Yos Uly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.