Pengaruh Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru (Survei pada guru SMP Swasta di Jakarta Timur)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. 2) Pengaruh persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. 3) Pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan tehnik analisis korelasional dan regresi linier berganda dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan F-hitung = 21,611. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan t-hitung = 5,246. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap kinerja guru SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,014 < 0,05 dan t-hitung = 2,534
Full Text:
PDFReferences
Amatembun, NA. (1992). Supervisi Pendidikan, Penuntun Bagi Para Pembina Pendidikan, Kepala Sekolah dan Guru. Bandung: IKIP Bandung
Bapadal & Ibrahim. (1992). Supervisi Pengajaran : Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta : Bumi Aksara
Davidoff, L.L., (1998). Psikologi Suatu Pengantar, Jilid I, edisi Bahasa Indonesia oleh Mari Juniati, Jakarta, Erlangga
Depdiknas, (2003). Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
E. Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Belajar Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Gary, Y. (2010). Leadership in Organizations. Seventh Edition. New Jersey: Pearson
Gibson, I, Donnelly, & Konopaske. (2002). Organisasi Perilaku-Struktur-Proses. Organizational Behavior An asia Pacific Perspective. First Edition
Harna, M.M. (2003). Profesionalitas Kepala Sekolah, Harian Pikiran Rakyat, Edisi 17 Oktober
Hasibuan H. M S.P. (2008). Organisasi dan Motivasi. Jakarta : PT Bumi Aksara
Irawan, H. (2003). Prinsip-prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Elek Media Komputindo
Mangkunegara, A.P, (2001). Managemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Mangkunegara, A. P, (2005). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riva’i, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Teori Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sedarmayanti, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: PT. Refika Aditama
Sentanoe, K, (2004). Perilaku di Tempat Kerja Jakarta: Yayasan Tenaga Kerja Indonesia
Sevilla, (1993). Pengantar Metode Penelitian. Universitas Indonesia. Jakarta
Siagian, S. P. (2008). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Bina Aksara
Singarimbun Masri & Sofian Effendi. (1999). Metode Penelitian Survai Jakarta : LP3ES
Wortman, C.B., Loftus, E.F. & Marshall, M.E., (1995). Psychology, 2nd ed. New York : Alfred A. Knopf, Inc
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.11074
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Marsono Marsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |