Pengaruh Presepsi Atas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Keterampilan Sosial Pada Siswa Mts Swasta Jakarta Timur

Unsah Abiddin(1*), Hasbullah Hasbullah(2), Sumaryoto Sumaryoto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Adakah pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan rasa percaya diri secara bersama sama terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur .Adakah Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif, terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur). Adakah  Pengaruh rasa percaya diri terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur). Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada sekolah menengah  pada MTs Swasta di Jakarta Timur, sebanyak 60 responden. Sampel di peroleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner dan tes objektif untuk semua variabel data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif Siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal ini di lakukan dengan Sig = 0,000 < 0,05 Dan Fhitung = 23,475, Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas rasa percaya diri pada siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal ini di buktikan denganSig=0,000<0,05danthitu = 2,234, Terdapat pengaruh yang signifikan tehadap keterampilan social  belajar IPS Siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung= 2,144


Keywords


perceptions of cooperative learning models and self-confidence in social skills

Full Text:

PDF

References


Agustin, A.G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasn emosional dan spiritual (ESQ). Jakarta: Arya.

Alwi, H. (2003). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bali Pustaka.

Al-Khuli, H. (2012). Menyikap Rahasia Gerakan-gerakan Shalat. Jogjakarta : Diva Press.

Aminuddin, R. (2003). Teori belajar dan pembelajaran . Jakarta: Uhamka Press.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Christ, K. (2009). Psikologi Efektif Konsep Diri. Jakarta: Pesona Ilmu.

Dahare, E.H. (2009) What is history New York: Alfred A. Knopf.

Dahmini, V. (2010). Psikologi Terapan dan Komunikasi. Jakarta. Sumber Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional .(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan PT. Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Djaali, H. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. Zain. (2006). Strategi belajarmengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Engkoswara. (2001). Paradigm manejemen pendidikan . bandung: yayasan Amal Keluarga.

Goleman, D. (1997). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta Gramedia Pustaka.

Golemen, D, (2009). Kecerdasan Emosional: mengapa El lebih penting daripada IQ (Terjemahannya, T.) Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Martoyo, S. (2008). Manajemen sumberdaya manusia. Jakarta: kencana.

Mubayidh, M. (2009). Kecerdasan dan kesehatan emosional anak. Jakarta Pustaka Al-Kutsar.

Nurgianto, B.(2001). Penelitian dan pengajaran Bahasa dan sastra Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pidarta, M. (2014)/ Landasan kependidikan. Jakarta : Rhineka Cipta.

Program Pascasarjana Universitas Indraprasta . (2015). Buku Panduan Penulisan Tesis. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Purwanto, N. (2004) Teknik pengujian data. Bandung: CV. Remaja Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2017). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya

Ridwan. (2007) Belajar mudah penelitian untuk guru, pegawai dan penelitian pemuda. Bandung: Alfabeta.

Rusyana, A. T (1999). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2006) Konsep dan makna pembelajara. Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina. (20019). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shaleh, A R. (2009). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perrspektif Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.11068

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 unsah0608 abiddin, Prof Dr Sumaryoto Sumaryoto, Dr. Hasbullah Hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.