Persepsi atas Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa SMP Swasta di Jakarta Timur

Seprianus Seprianus(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi atas model pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. 2) Persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. 3) Motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian sebanyak 80 siswa dan metode yang digunakan dalam penelitian metode survey dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Model Pembelajaran dan Motivasi belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 33,555) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Model Pembelajaran terhadap Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,655) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,943.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep, Herman Suyanto. (2005) Mengenal ELearning. Jakarta: http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id.

A.M., Sardiman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Anni. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK: Universitas Semarang.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buchari, Z. (2001). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman Pupuh, & M. Sobry Sutikno. (2009) Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jalaludin, Rakhmat. (2007). Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Murtiyasa, Budi. (2012). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika”. Surakarta : FKIP Univ. Muhammadiyah.

Muchlas, M. (2008). Perilaku organisasi. Yogyakarta: UGM Press.

Oemar, H. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ridwan. (2008). Belajar, Minat, Motivasi,Prestasi Belajar. http://www.artikel. Com/202/Belajar.minat, motivasi, prestasi belajar.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumadi, Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumantri, Numan. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Sugihartono, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Suharman. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sudi Lestari. (2013). Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.11048

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 seprianus seprianus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.