Ketahanmalangan Dan Fasilitas Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Lilis Yuliati Mulyani(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketahanmalangan dan fasilitas belajar secara bersama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor yang berjumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, teknik sampling menggunakan multistage sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan statistik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan. Terdapat pengaruh yang signifikan ketahanmalangan, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000<0,05 dan Fhitung= 11,767. Sedangkan besarnya kontribusi ketahanmalangan dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ditunjukkan oleh koefisien determinasi yaitu sebesar 23,4% sedangkan sisanya 76,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan ketahanmalangan terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan thitung= 3,425. Terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,002<0,05 dan thitung= 3,262.


Keywords


Ketahanmalangan; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar IPS;Katahanmalangan; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar IPS;

Full Text:

PDF

References


Agoes, S,(2001). Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad, S. (2013). Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Alma. (2009). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Belajar). Bandung: Alfa Beta.

Amirin, T.M. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, I. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Baktiar K.S. (2015). Prestasi Belajar Siswa dari Perspektif Penggunaan Sarana Prasarana dan Bimbingan Belajar. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Djaali. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hafid, A. (2014). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Istadi, I. (2007). Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pustaka Inti.

Liang G.T. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Lembaga Bina Prestasi.

Muhibbin, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rosyid, M.Z. (2019). Prestasi Belajar. Bandung: Literasi Nusantara.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosda

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cita.

Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quatient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sujanto, A. (2012). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi U.S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.11003

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lilis Yuliati Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.