Persepsi Media Pembelajaran dan Kemampuan Literasi Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Timur

Goessera Putri Rusdiana(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Syahid Syahid(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)  Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh persepsi atas kemampuan literasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan kemampuan literasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur.


Keywords


Persepsi, Media Pembelajaran, Literasi, Prestasi IPS

Full Text:

PDF

References


A, Crow & Crow, L. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu.

Abdullah, R. (2007). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi (sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan). Bandung: PT.Refika Aditama.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendi, dkk. (2009). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA

Press.

I Wayan Santyasa. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Prosiding Workshop Media Pembelajaran. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik. O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hidayat, Syarif. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Hidayat, Syarif. (2017). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 24, Tahun 2016, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung; Refika Aditama.

Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Made, Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mahmud, D.M. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Munib, A. (2004). Pengantar ilmu pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwodarminta, W.J.S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rudi Susilana.Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Safari. (2008). Analisis Butir Soal. Jakarta : CV Purnama.

Sapriya et al. (2007). Konsep Dasar IPS. Bandung : Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan PKN FPIPS UPI.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta.

Slameto, (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soewarno, W. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Somantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sulistyo, J. (2010). 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta : Cakrawala.

Sumaatmadja. (1984). Konsep Dasar IPS. Jakarta; Universitas Terbuka.

Sumadi, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Supriyadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. 2005. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

UNESCO (2003). World Declaration on Education for All and Framework for Action to Meet Basic Learning Needs. International Consultative Forum on Education for All. Paris: UNESCO.

Wina Sanjaya, (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wingkel. (2006). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10945

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Goessera Putri Rusdiana, Sumaryoto, Syahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.