Analisis Manfaat Adat Begarehan dalam Masyarakat Besemah (Etnografi Komunikasi Masyarakat Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat)

Lusie Charina(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Taufik Taufik(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisis Manfaat Adat Begarehan dalam Masyarakat Besemah (Etnografi Komunikasi Masyarakat Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat}. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengetahui proses, pola komunikasi, implikasi, dan manfaat dalam tradisi budaya Begarehan di Kecamatan Jarai. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dimana nantinya peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Dengan kata lain, penelitian kualitatif berupaya memahami seorang individu melihat, memaknai atau menggambarkan dunia sosialnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan tentang Analisis Manfaat Adat Begarehan dalam Masyarakat Besemah peneliti dapat menyimpulkan begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari adat Begareh ini, dimana adat ini merupakan adaptasi pergaulan bujang dan gadis kecamatan jarai yang masih sangat kental, adat begareh ini dilaksanakan ketika ada suatu acara besar yaitu acara pernikahan atau sedekah fungsinya adalah membantu pihak keluarga yang sedang mengadakan acara pernikahan (sedekah). manfaat yang bisa diperoleh ketika proses adat ini berlangsung, seperti Mencari Jodoh, Mencari Teman, dan Menjalin Silaturahmi.


Keywords


Adat Begarehan; Etnografi Komunikasi; Kecamatan Jarai

Full Text:

PDF

References


AlHadi,Alek(2010).Begareh(http://alekalhadi.blogspot.com/2010/10/begarehan.html/, Diakses pada Tanggal 17 April 2021 ).

Anshori, Dadang.(2017). Etnografi komunikasi : Perspektif Bahasa, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Arios, Rois Leonard: Ernatip: dan Refisrul.(2012). Bunga Rampai Budaya Sumatera Selatan Budaya Besemah di Kota Pagaralam. Padang Sumatera Barat: Padang Press.

Cangara, Hafied.(2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fauziah, Syifa.(2017). Studi Etnografi Komunikasi Ritual Adat Masyarakat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat . Skripsi. Diterbitkan. Akultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Fiske, John.(2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Buku Litera.

Hestiana.(2019). Tradisi Begareh dan Implikasinya pada Akhlak Remaja di Desa Pematang Bango Kota Pagar Alam Sumatera Selatan Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu. Bengkulu.

Kholifah, Siti dan Suyadnya, I Wayan.(2018). Metodologi Penelitian Kualitatif berbagai Pengalaman dari Lapangan. Jakarta. Rajawali Pers.

Kusworo, Engkus.(2018). Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi. Jakarta : Widya Aksara Press.

Martono, Nanang.(2016). Metode Penelitian Sosial Konsep-Konsep Kunci. Jakarta : Rajagrafindo persada.

Morissan.(2019). Riset Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Group.

Nasir.(2019). Begareh Adat Besemah yang mulai dilupakan. (http://detiksriwijaya.com/2019/02/23/begareh-adat-besemah-yang-mulai-dilupakan/, Diakses pada Tanggal 17 April 2021).

Noor, Juliansyah.(2017). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Nugroho, Sigit Sapto.(2016). Pengantar Hukum Adat Indonesia. Kartasura Solo : Pustaka Iltizam.

Olif.(2018). Lancar Berbicara Kapan Dimana dan dengan Siapa Saja. Yogyakarta : Psikologi Corner.

Rahman, Habibur.(2018). Tinjauan Hukum Islam terhadap Peminangan menurut Adat Begareh di Desa Ujung Pulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Agama Islam Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Rochajat, Harun dan Ardianto, Elviro.(2017). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Ruben, Brent D dan Stewart, Lea P.(2017). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta : Rajawali Pers.

Rumodhon, Berliansyah.(2018). Pertunjukan Rejung dalam Tradisi Begareh Malam Bujang Gadis pada Masyarakat Pagar Alam. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 19, No. 1, Hal. 1 – 14.

Sihabudin, Ahmad.(2011). Komunikasi Antarbudaya suatu Perspektif Multidimensi. Malang : Bumi Aksara.

Subagyo, Joko.(2006). Metode Penelitian : dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Rineke Cipta.

Sudaryono.(2018). Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers.

Wardiha, Made Widiadnyana.(2018). Analisis Komparatif peran Adat dan Kepercayaan dalam Peningkatan Kualitas Lingkungan permukiman Berkaca pada Adat yang ada di Permukiman Tradisional. Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan, Vol. 15 No.1. Hal.115

Yulia.(2016). Buku Ajar Hukum Adat Aceh : Unimal Press.

Zakiah, Kiki.(2005). Penelitian Etnografi Komunikasi ; Tipe dan Metode. Journal Off Communication. SK No. 56 / DIKTI / Kep/ 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10941

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lusie Charina, Sumaryoto Sumaryoto, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.