Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Survei Pada SMP Swasta Di Kota Bekasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Titian Ilmu dan SMP Teratai Putih yang berjumlah 388 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama -sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig =0.000< 0.05 dan Fhitung 398.709. (2) sedangkan besarnya konstribusi rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebesar 91.2 % sedangkan sisanya 8,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 <0.05 dan thitung = 7.873 Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap prestasi Belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.00 <0.05 dan thitung = 8.076
Full Text:
PDFReferences
Angelis, B. (2003). Percaya diri: sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Darmawan, M. (2013). Peningkatan kemandirian peserta didik melalui strategi pembelajaran problem solving pada kompetensi perawatan dan perbaikan PC di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal EKSIS, 6 (2), 53-64. http://library.ukdw.ac.id/. Diakses 23 Desember 2015.
Desmita (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hakim, T. (2002). Mengenal rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.
Ghufron, M.N. & Risnawita, R.S. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Gyanprakash., Nagpal, K., James, L. (2013). Independent learning and student Development. International journal of social science & interdisciplinary research, 2 (2), 17-35. http://indianresearchjournals. com. Diakses 20 Desember 2015
Neill, J. (2005). Jenis–jenis percaya diri. Jakarta: Alfabeta
Nurhayati, E. (2011). Psikologi pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Pannen, P. (2001). Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rothwell, W.J. (2008). Adult learning basics. Virginia: ASTD Press
Santrock, J.W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja (6th ed). Shinto, B.A & Sherly, S. (Terj). Jakarta: Erlangga
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta.
Tahar, Irzan & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (2), 91-101. www.Ippm.ut.ac.id/. Diakses 23 Desember 2015.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10915
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 wahyu kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |