Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia (Survey Pada SMA Negeri di Kabupaten Tangerang)

Fitri Suhaeni(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Rahayu Permana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia pada SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 82 siswa. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh signifikan yang motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 74,195. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung =8,793. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,515


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Pendekatan: Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2019). Teori Proses, dan Konteks Sosial Budaya Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

U, S. Supardi. (2016). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10910

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Suhaeni, Sumaryoto Sumaryoto, Rahayu Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.