Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia (Survey Pada SMA Negeri di Kabupaten Tangerang)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia pada SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 82 siswa. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh signifikan yang motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 74,195. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung =8,793. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,515
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Pendekatan: Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, S. (2019). Teori Proses, dan Konteks Sosial Budaya Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
U, S. Supardi. (2016). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10910
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitri Suhaeni, Sumaryoto Sumaryoto, Rahayu Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |