Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survey Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi)

Mohammad Ijudin(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Megawati Megawati(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indrapasta PGRI
(3) Universitas Indrapasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 2) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa korelasi linier dan teknik regresi. Sebelum data dianalisis, analisis statistik deskriptif terlebih dahulu dilakukan dan diuji persyaratan data sebelum tes regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar pada prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig= 0,000<0,05 dengan Fhitung= 209,135. 2). Ada pengaruh metode pembelajaran yang signifikan terhadap Pencapaian Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 12,160. 3). Ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,932. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan pencapaian studi ilmu pengetahuan sosial, perlu untuk mendorong metode pembelajaran dan motivasi untuk belajar secara positif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharudin, H (2000). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar ruzz media Bandung: Tarsito.

Davidoff, L.L. (199)8. Psykologi Suatu Pengantar Jilid I edisi Indonesia.Jakarta:Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI).

Djoyonegoro, W (1998). Pembudayaan Disiplin Nasional.Jakarta: Depdikbud.

Gagne, R. (1977). The condition of Learning. New York: Renehard & Winston.

Gordon, T. (1996). Mengajar Anak Berdisiplin Diri di Rumah dan di Sekolah.Jakarta: Gramedia.

Hamalik, O. (1999). Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: CVMandar Maju.

https://ainamulyana.blogspot.com/2016/01/prestasi-belajar-siswa-pengertian-dan.html#:~:text=Prestasi%20Belajar%20adalah%20hasil%20pencapaian,yang%20telah%20dicapai%20oleh%20seseorang.

Muhibbin, S. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D (2005). Ilmu Komunikasi suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N (1998). Psikologi Pendidikan. Cetakan ke tiga.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.

Sukardi, D K. (1983). Bimbingan dan Penyuluhan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Suparno A.S. (2000). Membangun Kompetensi Belajar.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan.

Suryadi, A. (1988). Perencanaan Pengorganisasian Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Sutikno, M. S.( 2004). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.10904

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohammad Ijudin, Sumaryoto Sumaryoto, Megawati Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.