Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kreativitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPS

Hendra Septiawan(1*), Sumaryati T(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep IPS, Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman konsep IPS,  Pengaruh kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan Kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,357. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,385. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas belajar terhadap Pemahaman konsep SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,307.


Keywords


Perception of cooperative learning models, learning creativity, understanding of social scienceconcepts.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djaali, H. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

________. (2010). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasibuan, H. M. SP. (1996). Organisasi dan motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan prinsip pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri

Kusnandar. (2008). Guru profesional. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, (2009). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatifdan menyenangkan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (1999). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_____________. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasyad, A. (2003). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya

Rachmawati, Y. (2005). Strategi pengembangan kreativitas pada usia anak dini taman kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud

Rusman, (2012). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2009). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Semiawan, C.R. (2009). Penerapan pembelajaran pada anak-anak. Jakarta: Indeks

Singarimbun, M & Efendi, S. (2012). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Sudiyono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2012). Metode penelitian administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

________. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2003). Metode penelitian. Bandung: CV. Alpabeta.

Sunaryo K, W. (2012). Taksonomi kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supardi, U.S. (2012). Aplikasi statistik dalam penelitian pendidikan. Jakarta: Ufukpress

Suparman, M.A. (2012), Desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Suryadi, A, & Wiana, M. (1993). Kerangka konseptual mutu pendidikan dan pembinaan kemampuan profesional guru. Jakarta: Caedimas Metropole.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito. B. (1991). Psikologi sosial (suatu pengantar), ed. revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, C. (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wortman, C.B.,Loftus, E.F., & Marshall, M.E. (1995). Psychology, 2nded. New York: Alfred .A. Knopf, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.10897

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 hendra septiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.