Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Negeri di Kota Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 88 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional dan Rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 26,149. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,004 < 0,05 dan thitung = 3,002. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Rasa percaya diri terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,287.
Full Text:
PDFReferences
Angelis, B.D. (2015). Confidence : Percaya diri sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama
Apollo. (2010). Hubungan anatara percaya diri dengan prestasi belajar siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan.
Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta (edisi ke -12),
__________. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
__________. (1993). Dasar-dasar evaluasi pedndidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Atkinson, R.L,. Atkinson, R. C., Smith, E.E. & Bem, D.J. (1993). Pengantar Psikologi. Alih bahasa : Widjaja Kusuma, batam : Interaksara.
Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta ; Pustaka Pelajar.
Dimiyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rinerka Cipta
Djaali, H. (2000). Psikologi pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
________. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi aksara.
Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan : Perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia.
Goleman, D. (2000). Emitional intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
__________. (2000). Working with emotional intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunarsa, S.D & Gunarsa, Yulia, S. D. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Hakim, T. (2004). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.
Harlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang tentang kehidupan. (Alih Bahasa : Istiwidayanti & Soejarwo), Jakarta: Erlangga.
Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Iswidharmanhaya, A. & Agung, G. (2005). Satu hari menjadi lebih percaya diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Kartono, K. (1990). Psikologi anak. Bandung: Mandar Maju.
Lie, A. (2003). 1001 cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Luxori, Y. (2005). Percaya diri. Jakarta: Khalifa.
Mahrita, E. (1997). Pengembangan inventori percaya diri (penelitian reliabilitas, validitas, dan norma pada sampel mahasiswa berusia 10 – 17 tahun di jakarta dan sekitarnya. Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Mudzakir, A. (1997). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Saifuddin, A. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Balajar Offset.
Saifuddin, A. (1998). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukutan prestasi balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Saphiro, L. E. (1998). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta : Gramedia.
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarlito, W. (1997). Psikologi remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito
_________. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2003). Statistik untuk penelitian: Bandung: Alfabeta
Suharsono. (2002). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Inisiasi Press.
Sukmadinata, S. N. (2007). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumadi, S. (1998). Metodologi penelitian. Cetakan sebelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Supardi. (2012). Aplikasi statistik dalam penelitian. Jakarta: Ufuk Press
Sutrisno, H. (2000). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Syah, M. (2007). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
_______. (2000). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Winkel, W.S. (1997). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10891
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sumiati Sumiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |