Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Negeri di Kota Depok

Sumiati Sumiati(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Soeparlan Kasyadi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 88 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional dan Rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 26,149. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,004 < 0,05 dan thitung = 3,002. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Rasa percaya diri terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,287.


Full Text:

PDF

References


Angelis, B.D. (2015). Confidence : Percaya diri sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama

Apollo. (2010). Hubungan anatara percaya diri dengan prestasi belajar siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan.

Arikunto, S. (2003). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta (edisi ke -12),

__________. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

__________. (1993). Dasar-dasar evaluasi pedndidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Atkinson, R.L,. Atkinson, R. C., Smith, E.E. & Bem, D.J. (1993). Pengantar Psikologi. Alih bahasa : Widjaja Kusuma, batam : Interaksara.

Azwar, S. (2006). Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta ; Pustaka Pelajar.

Dimiyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rinerka Cipta

Djaali, H. (2000). Psikologi pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

________. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi aksara.

Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan : Perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia.

Goleman, D. (2000). Emitional intelligence (terjemahan). Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

__________. (2000). Working with emotional intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, S.D & Gunarsa, Yulia, S. D. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hakim, T. (2004). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Harlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang tentang kehidupan. (Alih Bahasa : Istiwidayanti & Soejarwo), Jakarta: Erlangga.

Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iswidharmanhaya, A. & Agung, G. (2005). Satu hari menjadi lebih percaya diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Kartono, K. (1990). Psikologi anak. Bandung: Mandar Maju.

Lie, A. (2003). 1001 cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Luxori, Y. (2005). Percaya diri. Jakarta: Khalifa.

Mahrita, E. (1997). Pengembangan inventori percaya diri (penelitian reliabilitas, validitas, dan norma pada sampel mahasiswa berusia 10 – 17 tahun di jakarta dan sekitarnya. Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Mudzakir, A. (1997). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Saifuddin, A. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Balajar Offset.

Saifuddin, A. (1998). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukutan prestasi balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Saphiro, L. E. (1998). Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Jakarta : Gramedia.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarlito, W. (1997). Psikologi remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito

_________. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2003). Statistik untuk penelitian: Bandung: Alfabeta

Suharsono. (2002). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Inisiasi Press.

Sukmadinata, S. N. (2007). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumadi, S. (1998). Metodologi penelitian. Cetakan sebelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Supardi. (2012). Aplikasi statistik dalam penelitian. Jakarta: Ufuk Press

Sutrisno, H. (2000). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, M. (2007). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

_______. (2000). Psikologi pendidikan dengan suatu pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Winkel, W.S. (1997). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10891

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sumiati Sumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.