Analisis Keterkaitan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Muatan Pembinaan Karakter Survei Pada SMP Negeri Di Bogor Selatan

Sri Mei Prihatin(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sumardi Sumardi(3)

(1) Mahasiswa Fakultas Pascasarjana
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keterkaitan dan Jenis bahan ajar IPS dengan muatan pembinaan karakter siswa SMP Negeri di Bogor Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method Approach yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti memilih metode ini karena lebih sesuai dengan topik yang diteliti. Disamping itu metoda ini lebih spesifik karena mencakup pencampuran data yang terkait dengan hal-hal yang menyangkut kajian.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berasal dari dua sekolah yaitu SMP Negeri Cicombong 2 dan SMP Negeri Caringin di Bogor Selatan tahun ajaran 2020/2021. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1). terdapat keterkaitan bahan ajar IPS dengan muatan pembinaan karakter siswa SMP Negeri di Bogor Selatan. 2). Bahan  ajar  IPS yang dikaitakan dengan muatan pembinaan karakter dan diajarkan secara mendalam kepada siswa SMP Negeri Bogor Selatan adalah pelajaran Kewarganegaraan, Ekonomi, Sejarah dan Prakarya, dan 3). Hasil   pengajaran   bahan ajar   IPS   yang   dikaitkan   dengan   muatan pembinaan karakter adalah komitmen  siswa SMP Negeri di Bogor Selatan untuk mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang positif serta lebih memantapkan lagi bagi mereka yang telah mengaplikasikannya.

Keywords


teaching materials, social studies, and character building

Full Text:

PDF

References


Adhin, F. (2006). Positive parenting: Cara-cara Islami mengembangkan karakter positif pada anak anda. Bandung: Mizan.

Andrianto, T.T.( 2011). Mengem bangkan karakter sukses anak di era cyber. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur peneiltian. Jakarta: PT. Rineka Cipta Aksara Pratama

Arismantoro. (2008). Tinjauan berbagai aspek character building bagaimana mendidik anak berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Astuti, T. M.P. (2014). Kurikulum 2013 tekankan perubahan sikap pelajar. Suara Merdeka

Bungin, B. (2003). Content analysis dan focus group discussion dalam penelitian sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fitri, A. Z.( 2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatullah, M. F. ( 2010). Guru sejati: Pengembangan insan berkarakter kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

______ (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hariyanto, S.M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoemo, D. (2010). Pendidikan karakter:Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Matta, M.A. (2003). Membentuk karakter Islam. Jakarta: Al-Itishom Cahaya Umat.

Megawangi, R. (2009). Pengembang an program pendidikan karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation

_____ (2004). Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Muin. (2011). Memimpikan manusia Indonesia berkarakter. http:/ /www.equator-news.com

Moleong, L.J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Narwanti, S. (2011). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Familia

Ridwan, M. (2012). Menyemai benih karakter anak. dari http:// www. adzzikro.com

Sumanto. (1995). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan.Yogyakarta: Andi Offset.

Sunarti, E. ( 2005) Menggali kekuatan cerita. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Syarkawi. (2011) Pembentukan kepribadian anak: Peran moral, intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integrasi jati diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Pengembangan. (2010). Desain induk pengembangan karakter bangsa tahun 2010-2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Warsono. (2011). Bunga Rampai Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Generasi Masa Depan: Pendidikan budaya dan karakter bangsa di Sekolah Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10859

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumaryoto Sumaryoto, Sumardi Sumardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.