Persepsi Model Pembelajaran Dan Motivasi Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana (Survei Pada SMK Negeri Di Karawang)

Evi Aprilianti(1*)

(1) Universitas Indrapasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi dan motivasi atas model pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana siswa SMK Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 12,803, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana siswa SMK Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,416, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terrhadap prestasi belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana siswa SMK Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,048 < 0,05 danĀ  thitung = 2,020.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. & Supriyono W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA Rosdakarya Offset.

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, B.S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi.Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Madapi, D. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mulyasa, E. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mutakin, Z.T., Hasbullah, Suryana, A.(2019). Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian dengan Bantuan Program SPSS. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Nayef, E. G., Yaacob, N. K., Ismail, H. N. (2013). Taxonomies of Educational Objective Domain. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3, 165-175.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani, A. R. (2016). Penilaian Autentik I. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ryan, M. R & Deci,E. L. (2002). Intrinsic and Extrinsic Motivation: Classic Definition and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25, 54-67.

Sardiman. (2016). Interkasi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. (2013). Belajar dan Fakto-faktor yang Mememngaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N.& Ibrahim, R. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2008). Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Uno, H.B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10848

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Evi Aprilianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.