Persepsi atas Media Pembelajaran dan Motivasi Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Pada Siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 2) Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 3) Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta di Kabupaten Bogor sejumlah 515 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.422. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,012 < 0,05 dan thitung sebesar 2.582. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,029 < 0,05 dan thitung sebesar 2.224.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad. A. (2017). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Musfiqon, H. M. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2018). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Siregar, J. (2020). Pengembangan Pendidikan IPS. Dalam Perspekstif Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Jakarta: Unindra Press.
Hidayat, S. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Amaliah, D. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Jihad, A., & A, Haris., (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Kurikulum & Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman, A. S., R, Rahardjo., A, Haryono., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rosyid, M. Z., Mustajab., & A, R, Abdullah. (2020). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Sefudin, A., H, Prasetyono., & S, Hapsari. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Mitra Abadi.
Lestari, S., D, Amaliah., A. Interdiana C. S., & N. Amega S. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan. Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukirno, S. (2014). Mikroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Mai, C., & F, Amalia. (2014). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Unindra Press.
Kustandi, C., D, Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Harisudin, M. I. (2019). Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Terra Firma.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Slameto. (2020). Partisipasi Orang Tua dan Faktor Latar Belakang Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10834
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indra Sutisna, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Sriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |