Persepsi atas Media Pembelajaran dan Motivasi Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Pada Siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor

Indra Sutisna(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 2) Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis, 3) Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta di Kabupaten Bogor sejumlah 515 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 10.422. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,012 < 0,05 dan thitung  sebesar 2.582. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,029 < 0,05 dan thitung sebesar  2.224.


Keywords


Media Pembelajaran, Motivasi; Prestasi IPS

Full Text:

PDF

References


Arsyad. A. (2017). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Musfiqon, H. M. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2018). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Siregar, J. (2020). Pengembangan Pendidikan IPS. Dalam Perspekstif Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Jakarta: Unindra Press.

Hidayat, S. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Amaliah, D. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Jihad, A., & A, Haris., (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2013). Kurikulum & Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, A. S., R, Rahardjo., A, Haryono., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rosyid, M. Z., Mustajab., & A, R, Abdullah. (2020). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sefudin, A., H, Prasetyono., & S, Hapsari. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Mitra Abadi.

Lestari, S., D, Amaliah., A. Interdiana C. S., & N. Amega S. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan. Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirno, S. (2014). Mikroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mai, C., & F, Amalia. (2014). Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Unindra Press.

Kustandi, C., D, Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Harisudin, M. I. (2019). Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Terra Firma.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Slameto. (2020). Partisipasi Orang Tua dan Faktor Latar Belakang Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10834

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indra Sutisna, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Sriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.