Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogis Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar bersama terhadap prestasi belajar sosiologi, Pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar sosiologi, bergantung pada kemandirian terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi pedagogik guru dan kemandirian belajar bersama terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000<0,05 dan Fhitung= 29,462. 2) Ada pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.= 0,003<0,05 dan thitung= 3,153. 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig.= 0,000<0,05 dan thitung= 3,958.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bakir S & Sigit S (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Batam: Kharisma Publishing Group.
Gani dan Ismail (2013). Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana UPI Bandung.
Hamalik, O. (2003) Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Ismail, SM. (2013). Strategi pembelajaran agama Islam berbasis PAIKEM: Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, efekltif, dan menyenangkan. Semarang: Media Grup.
Jufri, W. (2013) Belajar dan Pembelajaran Sains. Jakarta: Pustaka Rika Cipta.
Kawedhar (2012), Detitik-detik Ujian Nasional / Sosiologi Untuk SMA/MA. Klaten: Intan Pariwara.
Lestari, S, (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Maryati, K. dan Suryawati (2001),. Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas X1 2. Jakarta: Erlangga.
Muhammad Khairan Arif (2010). Problematika Mutu Pendidikan Nasional di Era Global. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta
Muhibin S (2010). Psikologi pendidikan Suatu pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Perpustakaan Nasional (2000). SPSS 17 untuk Pengolahan Data Statistik, Yogyakarta: Andi Offset.
Prawiradilaga. (2004) Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rasyid, H & Mansur (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.
Slameto (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cet. Ke-4.
Sudjana (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Soekanto, S. & Sulistyowati, B. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumiati, A (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima,
Susilana, R. dan Riyana (2007). Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Sutikno, S (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: HTP Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10826
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rupron Diansyah Diansyah Diansyah, Rupron Diansyah Diansyah Diansyah, Rupron Diansyah Diansyah Diansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |