Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang, Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, menghubungkan data persepsi tentang lingkungan sekolah dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar ekonomi dengan sampel berjumlah 60 responden/siswa. Melalui pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 152,387; (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 5,480; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 9,888.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT RakeyanSantang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
________, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
________, (2020). Manajemen Risiko. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Chaplin, J.P. (2011). Kamus lengkap psikologi. Alih Bahasa: Dr. Kartini Kartono. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Sardiman. A.M.(2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono P (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
________. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
________.(2012). Metode Penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Singarimbun, M. & Sofyan E. (2008). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.
Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT RakeyanSantang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.
Uno H.B (2012). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Purwanto M.N.(2007). Psikologi pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Walgito B. (2010).Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10824
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 dadan hendrianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |