The Influence Of Student Perception On Learning Media and Motivation Learn About Historical Learning Achievements
(1) University of Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi siswa terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan teknik regresi korelasional dengan regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,255. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,010 < 0,05 dan thitung = 2,628. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,520.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10810
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rosali Berhawati Gultom Berthawati Gultom, Rosali Berthawatu Gultom Berthawati Gultom, Roali Berthawati Gultom Berhawati Gultom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |