Persepsi atas Kemampuan Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi

Wahyu Sudrajat(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri di Kabupaten Bekasi.  Metode peneitian ini adalah survei dengan jumlah sampel yaitu 161 orang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan  persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung = 179,383 (2)Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru  terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.009< 0,05  dan thitung = 11,693, (3)Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar  terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.032< 0,05  dan thitung = 4,268


Keywords


Kemampuan Pedagogik Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ruhiyat, A. (2014). Pengembangan Kompentensi Pedagogik & Profesional Guru dalam Pembelajaran IPS SMP. Bandung: Cv Wahana IPTEK Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Imas K, B. S. (2017). Kupas Tuntas Kompentensi Pedagogik Teori dan Praktikum Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pt Pustaka Mandiri.

Ratnawati, Yuli. (2020). Model Pengembangan Kompentensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Solikodin. M dkk. (2015). Dasar - Dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10733

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wahyu Sudrajat, Sumaryoto Sumaryoto, Hasbullah Hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.