Persepsi atas Kemampuan Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Metode peneitian ini adalah survei dengan jumlah sampel yaitu 161 orang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung = 179,383 (2)Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.009< 0,05 dan thitung = 11,693, (3)Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.032< 0,05 dan thitung = 4,268
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ruhiyat, A. (2014). Pengembangan Kompentensi Pedagogik & Profesional Guru dalam Pembelajaran IPS SMP. Bandung: Cv Wahana IPTEK Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Imas K, B. S. (2017). Kupas Tuntas Kompentensi Pedagogik Teori dan Praktikum Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pt Pustaka Mandiri.
Ratnawati, Yuli. (2020). Model Pengembangan Kompentensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Solikodin. M dkk. (2015). Dasar - Dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.10733
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wahyu Sudrajat, Sumaryoto Sumaryoto, Hasbullah Hasbullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |