Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Mengelola Lembaga Pendidikan
(1) FKIP Universitas Jambi
(2) FKIP Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
S.V. Susilo. Refleksi Nilai-nilai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Upaya Mengembalikan Jatidiri Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 4 Nomor 1 hal. 33-41, 2018.
E. Yanuarti. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum’13. Jurnal Penelitian Volume 11 Nomor 2 hal. 237-266, 2017.
D. Purwoko. Semangat Taman Siswa dan Perlawananya terhadap Undang-Undang Sekolah Liar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 1 Nomor 2 hal. 125-135, 1994.
D. Kumalasari. Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Pendidikan Taman Siswa (Tinjauan Humanis-Religius). Istoria Volume VIII Nomor 1 hal. 47-59, 2010.
R. Mulyohardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Cetakan kelima. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Wirawan. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Cetakan kedua. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
N.Nur., C.Z. Harun & S. Ibrahim. Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Gayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4 Nomor 1 hal. 93-103, 2016.
E. Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Muthoifin & M. Jinan. Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Studi Krisis Pemikiran Karakter dan Budi Pekerti dalam Tinjauan Islam. PROFETIKA: Jurnal Studi Islam Volume 16 Nomor 2 hal. 167-180, 2015.
T. Rambe & T.A. Putri. Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara pada SMK Taman Siswa di Kota Tebing Tinggi. Puteri Hijau Volume 4 Nomor 1 hal. 116-133, 2019
D.K. Aina. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia Volume 3 Nomor 3 hal. 95-101, 2020.
A. Foreska & E. Hangestiningsih. Eksplorasi Trilogi Kepemimpinan Taman Siswa Melalui Peran Kepala Sekolah di SD Negeri Gedongkiwo. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Volume 6 Nomor 1 hal. 712-716, 2019.
B. Setiyadi. Organisasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2020.
B. Setiyadi., Rohima., Y. Sari & M.A. Yani. Komponen Pengembangan Kurikulum. LIKHITAPRAJNA: Jurnal Ilmiah Volume 21 Nomor 1 hal. 13-21, 2020.
B. Setiyadi. Kurikulum: Konsep, Penerapan dan Pengembangan. Purwokerto: Pena Persada, 2020.
W. Noventari. Harmonisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Sistem Among Sesuai dengan Alam Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Volume 1 Nomor 1 hal. 50-59, 2016.
A.E. Budiyono, A.E. Penerapan Sistem Among di SD Al-Qur’an Darul Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Volume 7 Nomor 1 hal. 134-139, 2021.
F. Apriliyanti., F. Hanurawan & A.Y. Sobri. Sistem Among dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume 5 Nomor 8 hal. 1048-1055, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.12017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bradley Setiyadi, Rahmalia Rahmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis